Advertisement
Penyebab dan Cara Mengetahui Postingan di Instagram Kena Sanksi Shadowbanned - Apakah Anda sering menggunakan layanan Instagram? Entah itu sekadar membagikan foto-foto selfie Anda bersama teman, atau bahkan menggunakan layanan media sosial tersebut guna mempromosikan produk-produk jualan Anda. Bila ya, maka Anda perlu menyimak informasi dari SpesialTips! kali ini.
Postingan Di Instagram Kena Sanksi Shadowbanned? Begini Cara Mengetahuinya
Postingan Di Instagram Kena Sanksi Shadowbanned
Sebagai pengguna Instagram, mungkin banyak diantara kita yang selama ini memiliki anggapan bila semua orang ini bisa dengan bebas membagikan postingan gambar atau video singkat apapun yang diinginkan melalui akun Instagram kita. Padahal, sama seperti layanan media sosial lainnya, semisal Facebook dan Twitter, tentu Instagram juga mempunyai aturan-aturan tertentu terkait dengan postingan yang dibolehkan dan dilarang bagi penggunanya.

Lalu apa yang terjadi bila kita melanggar aturan konten gambar atau video yang ditentukan oleh Instagram? Tentunya setiap pelanggaran akan dikenakan sanksi oleh pihak Instagram, dari penghapusan konten, sampai dengan penonaktifan akun pengguna. Membahas tentang sanksi akibat pelanggaran konten yang diposting oleh pemilik akun Instagram, terdapat salah satu bentuk sanksi yang jarang diketahui oleh kita, yang disebut dengan istilah shadowbanned.

Apa itu shadowbanned (shadowbanning) konten di Instagram? Berdasarkan informasi yang dikutip dari berbagai sumber (Lifehacker, Peta Pixel, Plannthat) diketahui bahwa istilah shadowbanned konten di Instagram merujuk pada sebuah bentuk sanksi disembunyikannya satu atau lebih postingan konten dan atau tampilan profil akun disebuah postingan, sehingga postingan tidak dapat dilihat oleh pengguna lainnya, khususnya pengguna yang tidak menjadi pengikut (follower), walaupun konten gambar atau video singkat yang diposting oleh pengguna sebenarnya tidak termasuk dalam konten yang dilarang untuk dibagikan.

Nah, pertanyaannya kalau konten postingan tidak melanggar aturan, mengapa pengguna bisa terkena sanksi shadowbanned? Terdapat beberapa alasan tertentu, yang menjadi alasan mengapa pihak Instagram memberlakukan sanksi shadowbanned kepada penggunanya, diantaranya adalah:
  • Penggunaan bot (robot) dan membeli follower (pengikut)
  • Penggunaan hashtag yang sama secara berulang-ulang dalam setiap konten gambar atau video yang diposting
  • Penggunaan hashtag yang dilarang oleh Instagram pada satu atau lebih postingan.
Akibat dari postingan yang disembunyikan oleh pihak Instagram, tentu saja akan menjadi masalah besar bila layanan Instagram digunakan untuk tujuan promosi produk-produk bisnis atau untuk berjualan.

Lantas, bagaimana caranya untuk mengetahui apakah postingan kita terkena sansi shadowbanned atau tidak? Untuk melakukan pengecekan postingan, Anda bisa mengunjungi beberapa layanan web yang menyediakan layanan pemeriksaan akun ataupun postingan yang terkena shadowbanned, salah satunya seperti layanan web shadowban.azurewebsites.net.


Nah, bagi sahabat pembaca SpesialTips! yang gemar menggunakan media sosial Instagram, disarankan agar tetap mematuhi aturan penggunaan layanan yang telah ditentukan, dengan tidak menggunakan hashtag yang dilarang atau penggunaan hashtag yang berulang-ulang, dan disarankan pula untuk menghindari penggunaan bot dan membeli pengikut (follower), sebagai cara terbaik menghindari sanksi shadowbanned.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top