Advertisement
Alasan Ilmiah Mengapa Makin Dewasa Seseorang Maka Akan Semakin Sulit Tidur Di Malam Hari - Ada banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa anak-anak atau remaja sangat mudah tertidur di malam hari, bila dibandingkan dengan orang dewasa, padahal aktivitas orang dewasa tak kalah banyaknya, dan bahkan lebih melelahkan?

Makin Dewasa Seseorang Maka Akan Semakin Sulit Tidur Di Malam Hari? Begini Alasan Ilmiahnya
Makin Dewasa Seseorang Maka Akan Semakin Sulit Tidur Di Malam Hari?
Uniknya lagi, tak sedikit pula orang dewasa yang telah mencoba berbagai macam cara, seperti mematikan gadget, menjauhi kafein satu jam sebelum tidur, sampai dengan mandi air hangat, agar dapat lebih mudah tidur di malam hari, namun selalu sulit untuk terlelap. Lantas, mengapa hal ini terjadi? Apakah sulit tidur bagi orang berusia dewasa sampai dengan usia lanjut adalah kutukan?

Menyikapi pertanyaan mengenai masalah sulitnya tidur malam bagi orang dewasa dan usia lanjut, ternyata ada alasan ilmiah yang bisa menjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Dikutip dari Science Daily dan Popular Science, dikabarkan bahwa seiring pertambahan usia seseorang maka akan makin besar pula kecenderungan seseorang mengalami penurunan kualitas tidur.


Fakta ini diperkuat dengan publikasi ilmiah para ilmuwan dari University of California, yang ditulis oleh Prof. Matthew Walker, dimana ia terungkap bahwa ketika seseorang semakin tua, maka kemampuan otak yang berhubungan untuk mengenali rasa kantuk juga akan semakin berkurang. Lebih rinci dijelaskan, reseptor saraf otak yang bekerja untuk menghantarkan pesan terkait dengan rasa kantuk dan lelah akan turun kemampuannya seiring dengan waktu. Analoginya, seperti sebuah antena yang tak bisa menerima sinyal dengan baik.

Perlu diketahui bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian, masalah sulit tidur di malam hari yang berhubungan erat dengan penurunan kualitas tidur akan memberi dampak negatif bagi kesehatan fisik dan mental seseorang, misalnya saja makin tingginya risiko menderita diabetes, sampai dengan membuat obesitas dan depresi.

Sayangnya, keadaan menurunnya kemampuan otak tersebut, adalah sebuah keniscayaan bagi semua orang dewasa yang terus makin bertambah usianya, dan tak ada sesuatu apapun yang bisa dilakukan untuk menghentikannya. Melihat fakta ini, maka tentunya sulit tidur bagi orang dewasa dan orang tua adalah hal yang alami, serta bisa disiasati dengan mengusahakan tubuh agar berada dalam kondisi yang senyaman mungkin sebelum tidur, dan berusaha menerapkan pola tidur yang teratur.


Demikianlah informasi singkat tentang alasan ilmiah yang menjelaskan pertambahan usia yang makin menua mengakibatkan seseorang semakin sulit untuk tidur. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips!.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top