Advertisement
Kenapa Kucing Suka Mencari Ruangan Sempit? Begini Alasan Ilmiahnya - Anda memelihara kucing? Bila ya, tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan perilaku unik dan lucu hewan peliharaan yang disebut-sebut masih berkerabat dengan harimau dan singa itu, dari suka mencakar-cakar permukaan karpet atau batang pohon, sampai dengan menggosok-gosokkan badan mereka ke kaki tuannya.
Alasan Ilmiah Mengapa Kucing Suka Mencari Ruangan Sempit
Alasan Ilmiah Mengapa Kucing Suka Mencari Ruangan Sempit
Selain perilaku unik tersebut, terdapat pula perilaku lainnya yang sering dilakukan oleh kucing, salah satunya adalah suka mencari ruangan-ruangan sempit, seperti halnya masuk ke dalam kardus bekas kecil atau berusaha masuk ke celah lemari. Berkaitan dengan perilaku kucing yang "nyeleneh" ini, pernahkah terpikirkan oleh Anda, mengapa semua kucing gemar melakukan hal itu? Nah, guna menjawab keingintahuan Anda, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagai informasi unik tentang alasan ilmiah yang menjelaskan mengapa kucing suka mencari ruangan sempit.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Science of Us dan The Washington Post, diketahui bahwa kucing termasuk hewan penyendiri, yang gemar mencari ruangan-ruangan sempit di sekitarnya. Menjelaskan perilaku ini, seorang dokter hewan ternama di Amerika Serikat, Nicholas Dodman, menyebutkan bahwa kucing melakukan perilaku unik tersebut dikarenakan mereka kebutuhan (keinginan) akan keamanan dan batasan teritorial yang jelas, atau dengan kata lain mereka melakukannya karena insting pertahanan diri mereka. Uniknya, untuk urusan ini, kucing memiliki kecenderungan untuk tak memilih-milih tempat, asal ruangan yang dianggap mampu memenuhi kebutuhan tersebut, maka tak peduli celah sesempit apapun di belakang lemari atau tempat lainnya, maka akan dimasukinya.

Selain alasan tersebut, Nicholas Dodman juga mengungkapkan bahwa saat masih sangat muda, anak-anak kucing mengenali tempat ternyaman mereka adalah ketika berhimpit-himpitan bersama induk mereka dan sisi ruangan sempit di dalam tempat tinggalnya. Nah, pada saat menjadi kucing dewasa, maka kontak dengan ruang dan material serupa dengan tempat tinggal di waktu kecilnya itu, dipercaya bisa menurunkan tingkat stres dan memudahkan si kucing untuk menyesuaikan diri ke lingkungan baru.

Nah, demikianlah alasan ilmiah yang menjelaskan mengapa kucing suka mencari ruangan-ruangan sempit untuk didiami. Untuk Anda penggemar dan pemeliahara kucing, Anda juga bisa melalukan sebuah percobaan unik yang kini tengah menjadi viral diantara netizen pecinta kucing dengan hashtag #CatSquare, yaitu dengan membuat sebuah gambar kotak berukuran 30x30 cm menggunakan lakban di lantai rumah untuk membuktikan sendiri apakah kucing peliharaan Anda akan menempati gambar kotak tersebut sebagai representasi bahwa ia juga suka mencari dan menempati ruangan sempit.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top