Advertisement
6 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Kalium - Apa manfaat Kalium bagi tubuh manusia? Bagi orang awam, mungkin akan sulit bagi kita untuk menyebutkan apa saja manfaat unsur kimia yang dilambangakan dengan huruf K ini. 
6 Tanda Tubuh Anda Kekurangan Kalium
Makanan Mengandung Kalium
Untuk menambah pengetahuan sahabat pembaca sekalan, Kalium atau dalam bahasa asing disebut sebagai Potassium, merupakan mineral yang memiliki peran dan manfaat penting bagi tubuh manusia, beberapa diantaranya adalah menjaga fungsi otot dan jantung, serta bermanfaat pula untuk menjaga fungsi pencernaan kita.

Lantas, apa yang terjadi bila tubuh kekurangan asupan Kalium? Tentu saja, dampak kurangnya Kalium akan menganggu beberapa fungsi yang telah dijelaskan di atas, akibat terburuknya adalah seseorang yang tubuhnya kekurangan Kalium akan rentan terhadap beberapa masalah kesehatan, seperti gangguan pada sel otot jantung, diare sampai dengan risiko menderita penyakit serius (gagal ginjal dan diabetes).

Membahas masalah kekurangan Kalium, maka tahukah Anda tanda-tanda yang ditunjukkan oleh tubuh ketika mengalami masalah tersebut? Nah, sebagai informasi utama dalam sajian SpesialTips! kali ini, maka berikut adalah beberapa tanda kekurangan Kalium yang bisa Anda ketahui.

6 Tanda Tubuh Kekurangan Kalium

1. Mudah lelah
Salah satu tanda tubuh kekurangan Kalium adalah mudah merasa lelah dan juga mudah mengantuk. Jadi, bila Anda merasa sering mudah lelah atau mengantuk, sementara Anda telah rajin berolahraga dan tidur dalam waktu yang cukup, maka kemungkinan besar tubuh Anda sedang memberikan sinyal akan kurangnya asupan Kalium.

2. Tekanan darah menjadi lebih tinggi
Kalium juga bermanfaat untuk menjaga fungsi relaksasi pembuluh darah, dan bila tubuh kekurangan mineral Kalium, maka fungsi tersebut akan terganggu dan mengakibatkan makin tingginya tekanan darah seseorang.

3. Mudah mengalami kram
Tugas utama Kalium juga termasuk didalamnya menjaga kontraksi otot. Nah, bila tubuh kekurangan Kalium maka dampaknya seseorang dapat dengan mudah mengalami kram atau nyeri pada otot.

4. Detak jantung tiba-tiba menjadi lebih cepat/lambat
Sering merasakan detak jantung tiba-tiba menjadi lebih cepat atau sebaliknya? Boleh jadi keadaan ini merupakan sinyal dari tubuh bila Anda mengalami kekurangan Kalium.

5. Sering merasa pusing dan tiba-tiba pingsan
Perlu diketahui oleh sahabat pembaca sekalian, bila penurunan Kalium dalam jumlah besar di dalam tubuh bisa berdampak menurunkan kinerja jantung untuk memompa darah, yang ditunjukkan dengan melemahnya detak jantung. Nah, keadaan ini akan mengakibatkan seseorang akan menjadi tiba-tiba merasa pusing atau bahkan sampai mengalami pingsan.

6. Konstipasi (Sembelit)
Telah dijelaskan sebelumnya bila Kalium bermanfaat untuk menjaga fungsi pencernaan. Tentunya, bila tubuh kekurangan Kalium, maka akan terjadi gangguan pula pada fungsi pencernaannya, akibatnya seseorang akan lebih mungkin mengalami konstipasi (sembelit).
Sumber: Prevention, Wikipedia

Nah, untuk menghindari masalah kekurangan Kalium, tubuh kita memerlukan setidaknya 4.700 mg Kalium perhari, dan tentu saja mengonsumsi makanan yang kaya kandungan mineral tersebut menjadi syarat utama bagi kita untuk memenuhi kebutuhan akan Kalium. Dikutip dari berbagai sumber, diketahui bila asupan Kalsium bisa diperoleh dari makanan dan minuman tertentu, misalnya saja daging, jenis ikan tertentu (salmon), sayuran (kentang, tomat, lobak, bayam , brokoli, kembang kol, wortel), buah-buahan ( pisang, melon, jeruk, kiwi, mangga), kacang-kacangan dan susu.

Demikianlah informasi tentang 6 tanda tubuh kekurangan Kalsium. Semoga saja sajian dari SpesialTips! tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top