Advertisement
4 Makanan Sehat yang Bisa Meringankan Gejala Penyakit Fibromyalgia - Apa yang Anda ketahui tentang penyakit bernama Fibromyalgia? Boleh jadi sebagian besar diantara kita akan sulit untuk menjelaskan apa sih penyakit Fibromyalgia itu. Pasalnya, gejala rasa nyeri di sekujur tubuh yang ditunjukkan oleh penyakit ini, sering dianggap sebagai gejala yang tidak berbahaya, sehingga tak banyak pula orang yang akhirnya mau mencari tahu informasi tentang penyakit Fibromyalgia.
4 Makanan Sehat yang Bisa Meringankan Gejala Penyakit Fibromyalgia
Makanan Sehat yang Bisa Meringankan Gejala Penyakit Fibromyalgia
Perlu diketahui bagi sahabat pembaca sekalian, bila pada artikel sebelumnya, redaksi SpesialTips! pernah membahas masalah penyakit Fibromyalgia, dimana pada artikel tersebut dijelaskan tentang apa sebenarnya penyakit Fibromyalgia itu, siapa yang berisiko menderita penyakit tersebut dan gejala apa saja yang ditunjukkan oleh tubuh seseorang yang menderita penyakit Fibromyalgia.


Nah, mengulas lebih jauh tentang penyakit yang disebut-sebut telah diderita oleh tak kurang dari 5 juta orang di seluruh dunia dan didominasi oleh para wanita itu, ternyata belum diketahui secara pasti penyebab utamanya. Hanya saja, sebagian besar ahli kesehatan menyebutkan beberapa hal yang bisa jadi pencetus (pemicu) munculnya gejala penyakit Fibromyalgia, seperti faktor keturunan, trauma fisik dan emosional, ketidakseimbangan senyawa di otak serta pada sistem saraf pusat seseorang.

Lantas, bagaimana cara mengatasi gejala penyakit Fibromyalgia? Dikutip dari Prevention, ada beberapa upaya non medis yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala penyakit tersebut, diantaranya adalah dengan melakukan latihan yoga selama 75 menit setiap dua minggu sekali untuk menurunkan respon stres dari rasa sakit yang dirasakan. 

Selain cara tersebut, penderita penyakit Fibromyalgia juga bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang mengandung enzim alami, senyawa anti-inflamasi, dan antioksidan untuk meringankan gejala yang dialami. Apa saja makanan yang bisa menjadi cara alami meringankan gejala penyakit Fibromyalgia tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

4 Makanan Sehat yang Bisa Meringankan Gejala Penyakit Fibromyalgia

1. Sayuran Hijau
Salah satu masalah yang cenderung didapati pada penderita penyakit Fibromyalgia adalah kurangnya kadar magnesium di dalam tubuh mereka. Oleh sebab itu, ahli kesehatan menyarankan untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran hijau, seperti bayam.

2. Buah Ara (Tin)
Diketahui bila buah Ara kaya akan kandungan asam malat, ficin, enzim anti-inflamasi yang sangat baik untuk membantu mengurangi rasa sakit dan masalah lain yang ditimbulkan akibat peradangan. Bukan itu saja, buah Ara juga mengandung kadar magnesium dan mangan yang sangat tinggi. Nah, melihat kandungan dalam buah Ara tersebut, maka mengonsumsinya bisa menjadi cara alami untuk meringankan gejala penyakit Fibromyalgia.

3. Cabai Merah
Ada banyak sekali manfaat cabai sebagai obat-obatan alami, salah satunya juga ternyata bisa diaplikasikan untuk meringankan gejala penyakit Fibromyalgia. Hal ini dikarenakan cabai mengandung senyawa bernama capsaicin yang berguna sebagai pereda rasa nyeri alami. Uniknya, penggunaan cabai merah guna mengatasi nyeri akibat penyakit Fibromyalgia bisa menggunakan dua cara, yaitu dengan cara dikonsumsi atau dengan cara dihaluskan terlebih dahulu lalu dioleskan pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

4. Buah Nanas
Buah nanas juga termasuk makanan yang sangat baik untuk meringankan gejala penyakit Fibromyalgia. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan bromelain di dalam buah nanas yang telah terbukti menjadi enzim yang mampu meringankan pembengkakan dan peradangan.

Nah, demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan tentang 4 Makanan Sehat yang Bisa Meringankan Gejala Penyakit Fibromyalgia. Semoga saja, sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top