Advertisement
Masalah Hidden Hearing Loss (Kehilangan Pendengaran Tersembunyi) Dan Tes Sederhana Untuk Mendeteksinya - Sering merasa kesulitan untuk mendengar perkataan orang lain, saat berada di lingkungan yang ramai dan bising? Bila ya, maka boleh jadi Anda termasuk orang yang menderita salah satu masalah gangguan pendengaran yang disebut dengan hidden hearing loss (kehilangan pendengaran tersembunyi).
Masalah Hidden Hearing Loss (Kehilangan Pendengaran Tersembunyi) Dan Tes Sederhana Untuk Mendeteksinya
Hidden Hearing Loss (Kehilangan Pendengaran Tersembunyi)
Mungkin tak banyak diantara kita yang pernah mendengar dan mengenal masalah gangguan pendengaran yang satu ini. Selain karena hanya dialami dalam keadaan tertentu saja, seperti suasana yang bising (ramai), serta dianggap sebagai hal yang lumrah, akhirnya membuat banyak orang menjadi tidak sadar, bila sebenarnya ia telah menderita masalah hidden hearing loss.

Nah, berkaitan dengan masalah gangguan pendengaran hidden hearing loss, maka kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi seputar masalah hidden hearing loss yang dikutip dari berbagai sumber, serta tes sederhana untuk mengidentifikasi kemungkinan apakah seseorang menderita masalah gangguan pendengaran tersebut atau tidak.

Apa Itu Hidden Hearing Loss?
Diartikan pula sebagai masalah kehilangan pendengaran tersembunyi, hidden hearing loss adalah masalah berkurangnya kemampuan seseorang untuk mendengar yang diakibatkan karena terjadinya kerusakan pada sel-sel rambut kecil dan sel-sel syaraf di bagian dalam otak. 

Penyebab Masalah Hidden Hearing Loss
Selain masalah penuaan, penyebab masalah hidden hearing loss juga disebabkan oleh paparan suara keras atau bising. Itulah sebabnya, penderita masalah gangguan pendengaran ini lebih banyak dialami oleh mereka yang tinggal dan atau beraktivitas di lingkungan dengan tingkat kebisingan yang tinggi. Bahkan dalam beberapa kasus tertentu, terlalu sering mendengarkan musik dengan volume keras melalui headphone juga bisa menjadi salah satu penyebab masalah gangguan pendengaran ini.

Lantas, bagaimana cara mendeteksi apakah seseorang menderita masalah hidden hearing loss atau tidak? Seperti yang telah disebutkan di atas, kesulitan untuk mendengar perkataan orang lain, saat berada di lingkungan yang ramai dan bising, bisa menjadi sebuah petunjuk awal untuk mendeteksi masalah hidden hearing loss. Namun, tak selamanya cara ini bisa memberi hasil yang benar, karena dari berbagai macam pendapat para ahli, diperlukan pengukuran kemampuan pendengaran yang lebih spesifik untuk bisa mendiagnosis masalah hidden hearing loss.

Baca Juga: Misophonia dan Phonophobia, Ketika Suara Menjadi "Pengganggu"

Nah, guna memudahkan sahabat pembaca sekalian, maka berikut adalah sebuah tes sederhana yang dikembangkan oleh para ilmuwan dari University of Miami yang bisa digunakan sebagai alat alternatif untuk mendeteksi masalah gangguan pendengaran tersebut.

Tes Hidden Hearing Loss (Kehilangan Pendengaran Tersembunyi)

Pada tes sederhana di atas Anda akan diminta untuk mendengar rekaman suara seorang pria yang mengucapkan kalimat-kalimat tertentu dalam bahasa Inggris dengan latar belakang suara yang semakin lama semakin keras. Sebagai petunjuk, bila Anda tak bisa mendengar dengan jelas kalimat di urutan ke dua atau kalimat ke tiga, maka kemungkinan besar Anda termasuk penderita hidden hearing loss.

Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini. Semoga saja sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top