Advertisement
Apakah Makin Kecil Ukuran Piring Bisa Membuat Porsi Makan Makin Sedikit? Tidak, Begini Alasan Ilmiahnya - Salah satu panduan hidup sehat yang paling sering disebutkan oleh para ahli adalah mengatur porsi makan agar tidak berlebihan. Untuk mewujudkannya, maka mengendalikan jumlah porsi makanan yang dikonsumsi sehari-hari menjadi hal wajib untuk dipatuhi.
Apakah Makin Kecil Ukuran Piring Bisa Membuat Porsi Makan Makin Sedikit? Tidak, Begini Alasan Ilmiahnya
Apakah Makin Kecil Ukuran Piring Bisa Membuat Porsi Makan Makin Sedikit?
Berkaitan dengan mengendalikan porsi makan agar tetap cukup dan tidak berlebihan, maka terdapat sebuah pemahaman yang beredar di masyarakat, dimana makin kecil ukuran piring maka akan membuat seseorang makin sedikit pula porsi makannya. Bahkan, tak sedikit pula ahli kesehatan yang memercayai pemahaman tersebut. Walaupun dianggap cukup masuk akal, namun ternyata pemahaman ukuran piring yang lebih kecil ini tidak sepenuhnya bisa membuat porsi makan seseorang makin sedikit.

Belum percaya? Bukan tanpa bukti, berdasarkan informasi yang dikutip dari The Conversation, diketahui bahwa dari penelitian para ilmuwan di Cambridge University di tahun 2015, ketika melakukan perbandingan terhadap jumlah makanan berupa pop-corn yang dimakan oleh partisipan, yang diminta menggunakan mangkuk berukuran besar maupun mangkuk dengan ukuran lebih kecil. Faktanya, hasil penelitian tersebut mendapati bila ukuran piring tidak memengaruhi atau membuat lebih sedikit jumlah porsi pop-corn yang dimakan oleh partisipan.

Selain itu, menguatkan hasil penelitian diatas, maka pada penelitian berbeda di tahun 2016 yang dilakukan oleh para ilmuwan di Hacettepe University (Turki), menyebutkan bahwa dari hasil perbandingan jumlah porsi makan siang dengan menggunakan beberapa ukuran piring berbeda, terhadap sejumlah peserta penelitian (37 wanita berusia 19-25 tahun), didapati fakta bahwa ukuran piring sama sekali tidak memengaruhi porsi makan para perserta penelitian tersebut.

Diperkirakan oleh Eric Robinson, selaku psikolog dari University of Liverpool, mengapa makan dari piring kecil tidak membuat porsi makanan yang dikonsumsi semakin sedikit, karena ukuran piring kecil tersebut justru lebih mungkin memengaruhi persepsi seseorang untuk menambah makanan setelah habis.


Nah, demikianlah informasi tentang alasan ilmiah yang mengungkap fakta bila makan di piring berukuran kecil tak lantas membuat porsi makanan seseorang makin sedikit pula. Semoga saja, sajian dari SpesialTips! tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top