Advertisement
Enam Tipe Cinta Menurut Teori Psikologi (Color Wheel Theory of Love)  - Cinta, mungkin tak banyak referensi yang bisa menjelaskan secara baku, tentang definisi sebenarnya dari kata 'ajaib' yang bisa berubah makna dalam beberapa konteks berbeda tersebut. Namun, secara umum cinta dapat diartikan sebagai emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi (wikipedia.org).
Enam Tipe Cinta Menurut Teori Psikologi, Anda Termasuk yang Mana?
Enam Tipe Cinta Menurut Teori Psikologi
Membahas lebih jauh tentang keunikan cinta, maka tahukah Anda bila cinta ternyata juga memiliki tipe-tipenya yang berbeda? Dapatkah Anda menyebutkannya? Cinta pada pandangan pertama, cinta buta, cinta berat diongkos, cinta clap with one hand (bertepuk sebelah tangan) 🤣, cinta sejati. Hampir benar, tapi sayangnya bukan tipe cinta seperti itu yang SpesialTips! maksudkan.

Nah, guna menambah pengetahuan kita tentang uniknya cinta, dan meluruskan pemahaman nyeleneh tentang cinta yang diklaim oleh beberapa 'oknum' yang merasakannya bisa memberikan efek magis, seperti mengubah rasa batu bata jadi semanis madu, dan juga mampu mengubah 'angkernya' tempat pemakaman umum alias kuburan menjadi layaknya taman bunga pribadi, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi valid tentang beberapa tipe cinta menurut teori psikologi.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Wikipedia dan jurnal ilmiah Psychology Today, menurut teori (Color Wheel Theory of Love) yang dicetuskan oleh seorang ahli psikologi ternama John Alan Lee, setidaknya ada enam tipe cinta yang bisa kita ketahui. Apa saja dan bagaimana keenam tipe cinta tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Tipe Eros
Tipe cinta pertama adalah, tipe Eros. Berasal dari istilah Yunani yang berarti erotis atau gairah, dijelaskan oleh John Alan Lee bila cinta tipe ini umumnya didasari atas ketertarikan pada fisik. Selain itu, dijelaskan pula bila orang dengan tipe cinta Eros, lebih mudah merasakan cinta pada pandangan pertama.

2. Tipe Ludus
Ludus merupakan bahasa latin yang artinya adalah permainan/main. Nah, dari arti katanya mungkin Anda sudah bisa menebak, seperti apa tipe cinta Ludus itu. Ya, tipe Ludus, mengacu pada cinta tanpa komitmen atau hanya sekadar main-main. Umumnya, cinta tipe ini banyak ditunjukkan oleh mereka yang memang tak berniat serius dalam hubungannya .Untuk di Indonesia tipe cinta Ludus memiliki beberapa istilah berbeda, seperti "cinta monyet" atau "cinta ABG alay."

3. Tipe Storge
Tipe cinta selanjutnya adalah tipe Storge. Nah, diketahui bila tipe cinta ini merujuk pada cinta yang tumbuh secara perlahan melalui hubungan persahabatan, kekerabatan, atau kekeluargaan dan didasari pada minat yang sama dan komitmen antara satu sama lain.

4. Tipe Mania
Disebut-sebut sebagai tipe gabungan antara Eros dan Ludus, tipe Mania (manic), merupakan tipe cinta yang lebih dekat dengan rasa obsesif terhadap orang lain atau pasangannya, dimana orang dengan tipe ini memiliki kecenderungan berpikir bahwa pasangannya adalah milik mereka. Selain itu cemburu dan posesif juga menjadi ciri yang sering ditunjukkan oleh orang dengan tipe cinta seperti ini.

5. Tipe Agape
Tipe cinta Agape disebut juga sebagai tipe cinta sejati, dimana orang dengan tipe cinta seperti ini umumnya memiliki sifat altruistik atau tanpa pamrih, setia, pemaaf, sabar dan rela berkorban untuk pasangannya.

6. Pragma
Tipe cinta Pragma (pragmatis), adalah tipe cinta praktis yang dihubungkan dengan sikap rasional dan realistis. Selain itu, tipe cinta ini juga sedikit unik, karena kecenderungannya untuk mendapatkan timbal balik dari apa yang telah mereka berikan, dan tak jarang pula orang dengan tipe cinta Pragma, menjalin hubungan dengan tujuan tertentu, misalnya saja seperti cinta karena harta.

Dari penjelasan di atas dapat kita ketahui bersama, apa saja tipe-tipe cinta menurut teori ahli psikologi (John Alan Lee : Color Wheel Theory of Love). Lalu, Anda termasuk pemilik tipe cinta yang mana?


Demikianlah informasi yang bisa SpesialTips! bagikan kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top