Advertisement
Aplikasi Baru Google Family Links, Bantu Orang Tua Mengontrol Aktivitas Screen Time Anak - Anak dan smartphone, mungkin bukan hal aneh lagi bila sering kita temui anak-anak yang sibuk menatap layar smartphone hingga berjam-jam lamanya, baik memainkan game sampai dengan menonton video kesukaan mereka.
Aplikasi Google Family Links, Bantu Orang Tua Mengontrol Aktivitas Sreen Time Anak
Aplikasi Baru Google Family Links
Walaupun dianggap aman untuk anak oleh sebagian orang tua, tapi tapi tanpa kontrol ketat, maka aktivitas yang dalam istilah asing disebut dengan screen time pada anak ini bisa berpotensi menimbulkan masalah kecanduan yang punya segudang dampak negatif bagi si anak.

Adapun dampak negatif kecanduan screen time bagi anak menurut para ahli diantaranya adalah menurunkan kemampuan bicara dan kemampuan menulis anak, tak kalah seramnya terlalu banyak aktivitas screen time pada anak juga bisa memengaruhi kesehatan otak anak.
Sialnya, mengontrol aktivitas screen time pada anak, seperti membatasi waktu penggunaan smartphone sampai dengan mengawasi akses situs web apa saja yang boleh diakses, tak semudah yang membalikkan telapak tangan, apalagi bila si anak sudah terlanjur 'keranjingan' dengan smartphone mereka, alih-alih mau menuruti orang tua, si anak yang justru menjadi antipati karena pembatasan screen time tersebut.

Menyikapi masalah ini, maka Google selaku perusahaan tekhnologi ternama dunia, akhirnya membuat sebuah layanan khusus berbentuk aplikasi Android, yang bisa membantu para orang tua untuk mengontrol aktivitas screen time anak. Berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman resmi Google, diketahui bahwa aplikasi Android unik ini dinamai dengan Family Link.

Nah, bagi para orang tua yang mungkin tertarik untuk memanfaatkan aplikasi Google Family Link dan ingin mengetahui seperti apa fungsi dan cara kerja aplikasi tersebut, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba membantu Anda untuk mengenal lebih dekat aplikasi unik besutan Google itu melalui ulasan berikut.

Apa Itu Aplikasi Google Family Link?
Google Family Link adalah aplikasi Android buatan Google bagi para orang tua untuk membuat akun Google khusus untuk anak-anak mereka, dimana layanan di dalamnya memungkinkan orang tua untuk mengontrol penggunaan smartphone bagi anak.

Layanan Apa Saja yang Terdapat di Dalam Aplikasi Google Family Link?
Berdasarkan informasi yang disebutkan oleh Google pada rilis resmi aplikasi Google Family Link, diketahui bahwa terdapat beberapa layanan bermanfaat yang bisa digunakan oleh orang tua untuk mengontrol penggunaan smartphone pada anak, beberapa diantaranya adalah:
  • Layanan untuk mengatur aplikasi apa saja yang bisa digunakan oleh anak di smartphone mereka, seperti melakukan blokir atau mengijinkan penggunaan aplikasi tertentu.
Layanan untuk mengatur aplikasi apa saja yang bisa digunakan oleh anak
Layanan Aplikasi Google Family Link 1
  • Layanan untuk mengontrol waktu screen time anak. Melalui layanan ini para orang tua bisa mengawasi berapa banyak waktu yang dihabiskan oleh anak ketika menggunakan smartphone mereka, dan kemampuan untuk membatasi waktu penggunaan aplikasi.
Layanan untuk mengontrol waktu screentime anak
Layanan Aplikasi Google Family Link 2
  • Layanan untuk mengatur waktu tidur anak. Salah satu kelebihan di dalam aplikasi Google Family Link, adalah kemampuan untuk mengatur waktu tidur anak. Perlu diketahui bahwa layanan waktu tidur pada aplikasi ini adalah fungsi yang memungkinkan orang tua untuk mengatur waktu pemakaian smartphone oleh anak, dengan mengatur smartphone untuk terkunci otomatis sesuai dengan waktu yang ditetapkan dalam pengaturan aplikasi oleh orang tua.
Layanan untuk mengatur waktu tidur anak
Layanan Aplikasi Google Family Link 3
Selain layanan di atas, aplikasi Google Family Link juga memiliki beberapa sarana unik bagi para orang tua, seperti mengatur pengaturan safe search di mesin pencari Google, melacak lokasi anak, dan juga kemampuan untuk memberikan ijin ke anggota keluarga yang lain untuk memiliki kontrol yang sama dengan orang tua dalam keadaan tertentu.

Bagaimana Cara Memasang Aplikasi Google Family Link?
Layanan aplikasi Google Family Link membutuhkan undangan penggunaan aplikasi dari Google hanya untuk orang tua yang memiliki anak pengguna smartphone Android berusia di bahwa 13 tahun. Pasalnya usia minimum untuk membuat akun Google adalah 13 tahun ke atas, sehingga anak bisa memiliki akun pribadi mereka sendiri. Untuk permintaan undangan tersebut, bisa diakses melalui tautan permohonan undangan resmi Google Family Link.

Untuk bisa melakukan permintaan undangan penggunaan aplikasi dari Google, maka ada beberapa hal hal yang perlu dimiliki oleh orang tua, diantaranya:
  • Memiliki akun Google pribadi
  • Membuat akun Google untuk anak melalui halaman resmi Google Family Link
  • Memiliki smartphone Android yang kompatibel, dengan sistem operasi Android Nougat (7.0) ke atas, bagi anak. Sementara, bagi para orang tua disyaratkan untuk menggunakan smartphone Android pula.
Perlu diketahui oleh pembaca sekalian, untuk sementara ini layanan aplikasi Google Family Link masih terbatas penggunaanya di negara Amerika Serikat saja. Namun, tak perlu kuatir, pasalnya dijelaskan oleh Google bila nantinya aplikasi ini akan dikembangkan penggunaannya untuk bisa digunakan di negara lainnya.

Baca Juga: Google Rilis Aplikasi ToonTastic 3D, Sarana Unik Untuk Anak Membuat Cerita Petualangannya Melalui Animasi Tiga Dimensi

Nah, demikianlah informasi seputar aplikasi unik Google Family Link, yang bisa membantu orang tua untuk mengontrol aktivitas screen time anak. Semoga saja sajian dari SpesialTips! tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top