Advertisement
5 Efek Negatif Pemanis Buatan Bagi Tubuh - Bukan rahasia lagi bila menurunkan konsumsi gula yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk mewujudkannya, maka munculah ide menggantikan gula dengan pemanis buatan yang disebut-sebut menjadi solusi terbaik agar makanan dan minuman yang dikonsumsi tetap terjaga rasanya, akan tetapi tidak mengakibatkan efek negatif yang sama bila dibandingkan dengan menggunakan gula.

5 Efek Negatif Pemanis Buatan Bagi Tubuh
5 Efek Negatif Pemanis Buatan Bagi Tubuh
Namun bukan tanpa masalah, karena dianggap aman untuk tubuh, maka tak sedikit orang yang justru mengabaikan porsi pemanis buatan yang dikonsumsi, hingga menjadi berlebihan.

Bila sudah begini, maka pemanis buatan yang berasal dari bahan-bahan kimia tersebut bisa mengakibatkan efek negatif yang sama atau bahkan lebih berbahaya bagi tubuh.


Lantas, efek negatif apa yang bisa ditimbulkan pemanis buatan bagi tubuh seseorang bila dikonsumsi secara berlebihan? Untuk menambah pengetahuan sahabat SpesialTips! maka berikut informasi tentang 5 efek negatif pemanis buatan bagi tubuh, yang dirangkum dari berbagai sumber.

5 Efek Negatif Pemanis Buatan Bagi Tubuh


1. Memengaruhi selera makan
Diketahui bila pemanis buatan memiliki rasa manis yang kuat, akibatnya konsumsi yang berlebihan ternyata bisa berdampak pada keinginan untuk mengonsumsi makanan atau minuman manis lebih banyak. Akibat dari perubahan ini maka selera terhadap makanan tertentu ikut-ikutan terpengaruh, misalnya berkurangnya selera makan terhadap makanan gurih, atau sayuran yang sedikit pahit.

2. Memperbesar risiko serangan jantung
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Harvard University, mendapati bahwa pria yang rata-rata mengonsumsi minuman kaleng dengan pemanis buatan satu kali sehari, akan berisiko 20 persen lebih tinggi mengalami serangan jantung, dibandingkan dengan pria lainnya yang jarang melakukan kebiasaan tersebut.

3. Memicu peningkatan berat badan
Telah banyak hasil penelitian yang berhasil membuktikan bahwa konsumsi pemanis buatan secara berlebihan mampu memicu terjadinya peningkatan berat badan. Salah satu hasil penelitian terkait efek penggunaan pemanis buatan membuktikan bahwa dari 12 ons minuman soda dengan pemanis buatan yang dikonsumsi setiap hari, bisa mengakibatkan peningkatan berat badan hingga 60 persen selama 18 bulan, khususnya bagi anak-anak. Pada hasil penelitian yang berbeda, disebutkan bila kandungan pemanis buatan mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan bakteri baik yang berfungsi untuk mengolah gula menjadi energi di dalam usus, dan diklaim mampu mengakibatkan peningkatan jumlah lemak hingga meningkatkan berat badan.

4. Memperbesar risiko menderita penyakit diabetes (tipe 2)
Efek negatif konsumsi berlebihan pemanis buatan lainnya adalah memperbesar risiko seseorang untuk menderita penyakit diabetes tipe 2. Hal ini diketahui berdasarkan hasil penelitian di Eropa, yang menyebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan dua kali lebih berisiko untuk menderita penyakit diabetes tipe 2.

5. Meningkatkan risiko menderita hipertensi
Tak hanya diabetes, ternyata konsumsi pemanis buatan berlebih juga bisa menimbulkan disfungsi metabolik dan meningkatkan variabilitas tekanan darah, dimana keadaan ini mengakibatkan seseorang menjadi lebih berisiko untuk menderita hipertensi.

Demikianlah informasi yang dapat SpesiaTips! bagikan tentang 5 efek negatif pemanis buatan bagi tubuh. Semoga sajian tersebut bisa bermanfaat untuk sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top