Advertisement
4 Gejala Sakit Kepala yang Menandai Adanya Masalah Kesehatan Serius  - Pernah atau bahkan sering merasakan sakit kepala? Bagi sebagian orang. mungkin masalah gejala nyeri di kepala ini dianggap sebagai masalah ringan dan tak perlu dikhawatirkan, cukup dengan mengonsumsi penghilang rasa nyeri atau tidur maka rasa sakit di kepala akan hilang dengan sendirinya.
4 Gejala Sakit Kepala yang Menandai Adanya Masalah Kesehatan Serius
Gejala Sakit Kepala
Walaupun tidak salah, namun pendapat tersebut tak sepenuhnya benar, faktanya sakit kepala yang dialami seseorang bisa saja menjadi penanda bahwa tubuh sedang mengalami masalah kesehatan serius, misalnya saja gejala sakit kepala yang menandai penyakit tumor otak atau masalah hipotiroidisme bagi wanita. Tak sampai disitu, bahkan dari berbagai macam kajian ilmiah mengenai sakit kepala, ternyata ada banyak masalah kesehatan serius yang ditandai dengan munculnya gejala sakit kepala.

Pertanyaannya, gejala sakit kepala seperti apa yang bisa disebutkan sebagai tanda adanya masalah kesehatan serius? Nah, guna menambah pengetahuan sahabat sekalian, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang 4 (empat) gejala sakit kepala yang secara umum bisa menjadi petunjuk untuk menandai adanya masalah kesehatan serius.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari Prevention, diungkapkan oleh Dr. Mark Morocco, MD selaku ahli kesehatan dari UCLA Department of Emergency Medicine, setidaknya ada 4 gejala sakit kepala yang menandai adanya masalah kesehatan serius dan perlu ditangani oleh ahli medis. Apa saja gejala-gejala sakit kepala tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Gejala sakit kepala yang menandai terjadinya masalah subarachnoid hemorrhage (SAH)
Gejala sakit kepala pertama yang perlu diwaspadai adalah rasa sakit seperti tertusuk atau terbentur pada daerah tertentu di kepala yang muncul secara tiba-tiba. Disebutkan bahwa gejala sakit kepala seperti ini bisa saja menandai masalah subarachnoid hemorrhage (SAH) atau pendarahan subarachnoid, yaitu pendarahan yang terjadi di dalam otak (antara otak dan jaringan yang melapisi otak), dan perlu penanganan medis secara cepat.

2. Gejala sakit kepala yang menandai terjadinya masalah aneurisma otak
Bila seseorang yang memiliki riwayat sakit kepala atau migrain, merasakan nyeri secara tiba-tiba di kepala dengan intensitas rasa nyeri yang lebih tinggi dari biasanya, maka boleh jadi ia sedang mengalami masalah aneurisma otak, yaitu pembengkakan (pelebaran) pembuluh darah di otak. Tentu ini adalah masalah kesehatan serius, yang tak bisa diremehkan dan perlu ditangani oleh tenaga ahli.

3. Gejala sakit kepala yang menandai terjadinya masalah meningitis
Gejala sakit kepala lainnya yang tak kalah serius yaitu bila muncul rasa sakit kepala parah yang berulang dan disertai dengan demam, muntah dan penurunan kesadaran. Diketahui bahwa gejala seperti ini menandai terjadinya infeksi pada selaput pelindung yang menyelimuti otak dan tulang belakang, atau yang lebih dikenal dalam istilah medis sebagai meningitis.

4. Gejala sakit kepala yang menandai terjadinya masalah glaukoma
Hati-hati bisa mendapati rasa sakit kepala disertai dengan rasa sakit di sekitar dan atau di dalam mata, serta menimbulkan gangguan pada penglihatan. Pasalnya, gejala tersebut bisa saja menandakan bila seseorang mengalami masalah glaukoma, yaitu penumpukan tekanan yang menyebabkan tertahannya aliran darah pada mata. Dampak serius dari masalah glaukoma disebutkan bisa mengakibatkan kebutaan.
Demikianlah informasi tentang 4 gejala sakit kepala yang menandai adanya masalah kesehatan serius. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top