Advertisement
Menjijikkan Tapi Sangat Efektif, Ilmuwan Ungkap Cara Unik Mengatasi Masalah Bau Tak Sedap Pada Ketiak - Punya masalah dengan bau tak sedap yang membandel di ketiak Anda? Sudah menggunakan berbagai jenis dan merek deodoran, namun tak mampu mengatasi masalah tersebut? Bila ya, maka informasi dari SpesialTips! kali ini mungkin bisa menjadi solusinya.
 Ilmuwan Ungkap Cara Unik Mengatasi Masalah Bau Tak Sedap Pada Ketiak
Cara Unik Mengatasi Masalah Bau Tak Sedap Pada Ketiak
Diketahui bahwa sumber masalah dari masalah bau tak sedap di ketiak adalah bakteri yang hidup di bagian tubuh tersebut. Uniknya, pada beberapa orang masalah bakteri penyebab bau tak sedap itu tak bisa diatasi hanya dengan menggunakan deodoran. Nah, bagi Anda yang memiliki masalah serupa, disarankan untuk mencoba teknik unik dengan "meminjam" bakteri dari ketiak saudara atau teman Anda. Merasa jijik atau geli? Ya, mungkin tak semua orang mau menggunakan cara menjijikkan tersebut, tapi jangan anggap remeh dulu, karena cara ini terbukti sangatlah efektif untuk mengatasi masalah bau tak sedap pada ketiak.

Belum percaya? Bukan sekadar rekaan semata, berdasarkan informasi yang dikutip redaksi SpesialTips! dari New Scientist, diketahui bahwa cara nyeleneh dengan "meminjam" atau dengan kata lain mentransplantasi bakteri dari ketiak orang lain yang tidak memiliki masalah bau tak sedap, ternyata merupakan sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of California, Amerika Serikat.

Lebih jauh diungkapkan, pada awalnya penelitian melakukan uji cara unik tersebut pada dua saudara kembar identik, dimana diantara salah satunya memiliki masalah bau tak sedap pada ketiaknya, sementara saudara kembarnya diketahui tidak memiliki masalah serupa. Selanjutnya, pada saudara yang tak memiliki masalah bau pada ketiak, ilmuwan memintanya untuk tidak mencuci ketiaknya selama empat hari. Sebaliknya, untuk saudaranya yang mempunyai masalah bau di ketiak, ilmuwan memintanya untuk mencuci dan menggosok ketiaknya dengan sabun antibakteri ketika mandi selama waktu yang sama pula.

Tahap selanjutnya, ilmuwan mengumpulkan sel kulit mati dari ketiak saudara kembar yang tidak memiliki masalah bau tak pada ketiaknya. Setelah itu, sel kulit mati yang terkumpul, diusap (digosokkan) pada ketiak si pemilik masalah ketiak dengan bau tak sedap. Hasilnya sangat mengejutkan, didapati masalah bau tak sedap itupun hilang dalam beberapa waktu. Selain itu, efek dari hasil penelitian mampu bertahan hingga lebih dari satu tahun.

Tak berhenti sampai disitu, para ilmuwan melanjutkan penelitiannya dengan menggunakan lebih banyak partisipan. Hasilnya dari 18 pasangan yang melakukan cara "meminjam" bakteri, didapati 16 pasangan menunjukkan perubahan berkurangnya bau ketiak dalam waktu satu bulan. Sementara itu, setengah dari kelompok pasangan tersebut, mendapati efek perubahan mampu bertahan selama tiga bulan.

Dijelaskan oleh Dr. Chris Callewaert selaku ketua peniliti, kulit memiliki microbiome sendiri, bahkan bisa terjadi perbedaan antara ekosistem bakteri dari ketiak kanan atau kiri seseorang. Bakteri yang tinggal di sana mungkin memiliki peran dalam memproduksi senyawa volatil yang menyebabkan keringat dari ketiak menjadi bau. Dungkapkan pula olehnya, disarankan bagi seseorang untuk menghindari makanan berlemak dan makanan cepat saji yang mampu menjadi pemicu munculnya bau tak sedap pada tubuh. Selain itu, hindari juga menggunakan pakaian dengan bahan polyester dan secara teratur mencukur ketiak.


Nah, Bagaimana? Apakah ada diantara Anda yang ingin mencoba cara unik dari hasil penelitian yang telah dijelaskan di atas?

Demikianlah informasi tentang cara unik mengatasi bau tak sedap pada ketiak. Semoga saja, sajian dari SpesialTips! tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top