Advertisement
Google A.I Experiments Hadirkan Layanan A.I. Duet, Cara Canggih 'Ngejam' Bareng Robot Piano di Komputer - Gemar memainkan piano digital? Bila ya, pernahkah terbayangkan bagaimana jadinya bila kamu bisa "ngejam" bareng bersama robot pintar di komputer untuk memainkan lagu-lagu favoritmu? Wah, pasti sangat keren dan unik sekali.
Canggih, Dengan A.I. Duet Bikinan Google Kamu Bisa 'Ngejam' Bareng Komputer
'Ngejam' Bareng Komputer Dengan A.I. Duet
Nah, daripada hanya membayangkan bagaimana rasanya, kenapa tidak mewujudkannya saja? Ya, dengan A.I. Duet besutan Google kini siapapun bisa melakukan duet untuk memainkan musik bersama alias "ngejam" bareng komputer. Berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman resmi Google, diketahui bila proyek pengerjaan A.I. Duet telah diluncurkan sejak tahun lalu. Nah, kini melalui layanan Google A.I. Experiments, program unik dan canggih tersebut telah bisa dinikmati oleh publik.

Apa Itu A.I. Duet?
A.I. Duet adalah sebuah program komputer piano virtual dengan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence). Cara kerja A.I. Duet sangat canggih, yaitu mampu mengidentifikasi nada-nada yang dimainkan oleh pengguna, selanjutnya program tersebut akan menganalisa dan memainkankan harmonisasi pola melodi dari nada-nada tersebut.

Bagamana cara mengakses dan menggunakan A.I. Duet?
Bila kamu tertarik untuk mencoba "ngejam" bareng A.I. Duet dari komputer, maka kamu bisa mengakses program canggih tersebut melalui layanan A.I. Duet di halaman Google A.I. Experiments. Untuk cara menggunakan A.I.Duet juga sangatlah mudah, kamu bisa memainkan nada-nada apa saja dengan menggunakan mouse ataupun keyboard di komputer, selanjutnya secara otomatis A.I. Duet akan memainkan nada berdasarkan hasil analisanya. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut video resmi Google, tentang penjelasan cara kerja program canggih tersebut.

Sumber Video: YouTube

Dari hasil uji coba redaksi SpesialTips! dalam prakteknya layanan A.I. Duet dapat dengan cepat membalas nada, seakan-akan kita sedang benar-benar memainkan piano digital bersama manusia. Sedikit kekurangan yang dijumpai SpesialTips! ketika memainkan lebih banyak nada, hasil yang dimunculkan oleh A.I. Duet terdengar seperti kurang harmonis. Namun, kemungkinan besar hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan SpesialTips! dalam memainkan musik, dan  boleh jadi hasil yang lebih bagus bisa kamu dapatkan ketika "ngejam" bareng A.I.Duet.
Nah, demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini. Semoga saja, sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top