Advertisement
Melalui Hasil Penelitian, Ilmuwan Ungkap "Efek Magis" Puisi Bagi Otak Manusia - Pernah merasa ada sesuatu yang istimewa ketika membaca atau mendengarkan sebuah karya puisi? Namun anehnya, Anda sendiri tak bisa menjelaskan alasan mengapa puisi tersebut menjadi begitu spesial. Bila ya, boleh jadi sebenarnya bukan Anda yang suka pada puisi tersebut, tapi justru otak Anda.
Fakta Unik: Ilmuwan Ungkap "Efek Magis" Puisi Bagi Otak Manusia
Ilmuwan Ungkap "Efek Magis" Puisi Bagi Otak Manusia
Berdasarkan informasi yang dikutip redaksi SpesialTips! dari Science Daily, disebutkan bila baru-baru ini para ilmuwan dari Bangor University (Wales) melalui hasil penelitiannya, berhasil mengungkap sebuah fakta bagaimana pengaruh puisi bagi otak manusia, berupa respon elektrofisiologi positif pada otak, ketika diperdengarkan beberapa kalimat yang sesuai dengan aturan struktur puitis tertentu.

Lebih jauh dijelaskan, pada penelitian tersebut para ilmuwan melakukan perbandingan dan analisa respon otak sejumlah peserta penelitian, ketika diperdengarkan beberapa sampel kalimat, yang tanpa diketahui oleh peserta penelitan, sebagian diantara kalimat itu sengaja disusun dalam bentuk puisi dengan struktur Cynghanedd (dalam bahasa welsh diartikan sebagai konsep dasar dari suara-pengaturan dalam satu baris, menggunakan penekanan, aliterasi dan rima). 

Awalnya, para peserta diminta memberikan penilaian mereka terkait dengan bagus atau tidaknya kalimat-kalimat tersebut.dari segi estetika bila dibacakan. Hasilnya, ilmuwan mendapati respon peserta penelitian secara implisit menyebutkan bila kalimat yang tersusun dalam bentuk puisi lebih bagus dibandingkan kalimat sebaliknya. Pada tahapan penelitian selanjutnya, para ilmuwan juga melakukan pemetaan respon otak menggunakan prosedur Event-Related Brain Potential (ERP), dan mendapati hasil berupa respon positif terhadap kalimat dalam bentuk Cynghanedd (puisi). Uniknya, respon otak tersebut terjadi meskipun para peserta tidak mengetahui perbedaan kalimat sebenarnya, baik yang tersusun dalam bentuk Cynghanedd, maupun kalimat dalam bentuk sebaliknya (biasa).

Dari penjelasan tentang hasil penelitian di atas dapat kita ketahui bila ternyata otak manusia memiliki kecenderungan untuk memberikan respon positif terhadap kalimat dalam bentuk puisi. Mungkin itu pula sebabnya, hingga kini puisi masih eksis digemari oleh banyak orang dan tak lekang termakan oleh waktu.


Nah, demikianlah informasi tentang fakta unik dibalik "efek magis" puisi yang terungkap melalui hasil penelitian para ilmuwan. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top