Advertisement
Signifikan Mengurangi Kecemasan (Anxiety) dan Depresi, Ilmuwan Buktikan Manfaat Aplikasi Smartphone "IntelliCare" - Pernahkah terbayangkan oleh Anda, hanya dengan memanfaatkan sebuah aplikasi di perangkat smartphone, seseorang bisa mengatasi masalah kesehatan mental seperti kecemasan (anxiety) dan depresi yang dideritanya? Wah, pastinya aplikasi tersebut akan banyak membantu dan memudahkan penderita masalah kesehatan mental di dunia. Tapi, apakah ada aplikasi smartphone dengan kemampuan seperti itu?
Aplikasi Smartphone yang Mampu Mengurangi Kecemasan dan Depresi
Aplikasi Smartphone yang Mampu Mengurangi Kecemasan dan Depresi
Bukan mimpi semata, ternyata memang ada aplikasi smartphone dengan kemampuan unik dan canggih untuk mengatasi masalah kesehatan mental, bagi penggunanya. Adalah "IntelliCare," aplikasi smartphone unik besutan CBITs yang diklaim mampu mengurangi masalah kecemasan dan depresi. Namun, benarkah aplikasi tersebut bisa mengatasi masalah kesehatan mental? 

Berdasarkan informasi yang dikutip redaksi SpesialTips! dari Science Daily, dikabarkan bahwa baru-baru ini ilmuwan dari Northwestern University melalui hasil penelitannya, berhasil mengungkap kemampuan unik aplikasi "IntelliCare," yang secara signifikan bisa mengurangi masalah kecemasan dan depresi.

Lebih rinci dijelaskan, penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan Northwestern University di Amerika Serikat, meminta 105 partsipan penelitian untuk memasang aplikasi "IntelliCare" pada perangkat smartphone mereka. Selanjutnya, dari hasil pengamatan terhadap penggunaan aplikasi tersebut, ilmuwan mendapati bahwa dari delapan minggu rata-rata partisipan menggunakan aplikasi interaktif itu sebanyak empat kali sehari, dengan rata-rata waktu penggunaan aplikasi satu menit pada masing-masing fitur, dan waktu yang lebih panjang pada fitur video relaksasi.

Hasilnya, dari 96 peserta yang menyelesaikan penelitian melaporkan bahwa mereka mengalami penurunan gejala kecemasan dan depresi hingga 50 persen. Uniknya lagi, dampak penurunan gejala masalah mental dalam jangka pendek ketika menggunakan aplikasi "IntelliCare", diketahui sebanding dengan dampak yang didapatkan melalui praktek klinis seperti psikoterapi atau menggunakan obat antidepresan. Diungkapkan oleh penulis utama penelitian, David C Mohr, PhD. bahwa dengan hasil penelitian ini, mereka akhirnya memiliki bukti bagaimana pendekatan dengan teknologi di aplikasi smartphone bisa bekerja.

Dari penjelasan di atas, dapat kita ketahui bahwa aplikasi smartphone "IntelliCare" benar-benar mampu menjadi sarana untuk mengatasi masalah kesehatan mental, khususnya kecemasan (anxiety) dan depresi. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi dengan kemampuan unik tersebut bisa mendapatkan dan memasang aplikasinya melalui layanan resmi Google Play Store.


Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini, semoga saja bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top