Advertisement
10 Masalah yang Paling Sering Dialami Pengguna Android Lollipop dan Cara Mengatasinya - Ada banyak versi sistem operasi Android yang terpasang di ponsel maupun tablet yang tersebar di seluruh dunia dari Gingerbread sampai dengan Nougat. Namun, tahukah Anda bila ternyata hingga saat ini versi Android Lollipop masih menjadi varian Android yang paling paling banyak digunakan oleh pengguna ponsel/tablet di dunia?
10 Masalah Umum di Android Lollipop dan Cara Mengatasinya
10 Masalah Umum di Android Lollipop dan Cara Mengatasinya
Ya, dari data yang tertulis pada halaman resmi Android Developers, hingga per tanggal 9 Januari 2017 pengguna Android Lollipop saat ini telah mencapai 33,4 persen dan menjadi versi Android yang paling banyak digunakan di dunia, bila dibandingkan dengan versi sistem operasi Android lainnya.

Walaupun menjadi versi Android terpopuler, namun seperti halnya ungkapan sebuah pepatah "tak ada gading yang tak retak", maka tentunya sistem operasi Android Lollipop tak terlepas dari masalah dalam kinerjanya. Berkaitan dengan masalah, tentu pula ada cara untuk mengatasinya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi penting bagi sahabat pembaca sekalian, tentang 10 masalah umum di Android Lollipop, dan cara mengatasinya. Apa dan bagaimana lengkapnya? Berikut ulasannya.

1. Masalah aplikasi sering mengalami restart
Salah satu masalah paling umum dialami oleh pengguna Android Lollipop khususnya versi 5.0 yaitu aplikasi di latar belakang (background) yang sering mengalami restart sendiri. Dari berbagai sumber, hal ini dikarenakan adanya bug atau cacat di Android Lollipop versi 5.0, dan masalah ini akan teratasi setelah pengguna Android Lollipop versi 5.0 melakukan pembaruan sistem operasi (upgrade) ke Android Lollipop versi 5.1.

2. Masalah munculnya pesan eror : "system.img"
Masalah ini biasanya muncul setelah perangkat melakukan pembaruan (upgrade) dari sistem operasi Android sebelumnya (Kitkat), dan disebabkan karena proses flash saat melakukan instalasi sistem operasi Android Lollipop 5.0 yang tidak sempurna. Untuk mengatasi masalah tersebut, adalah dengan melakukan flash ulang satu persatu file, dan bukan menggunakan perintah otomatis "flash all.bat".

3. Masalah konektifitas WiFi
Masalah konektifitas WiFi dan Bluetooth pada Android Lollipop termasuk kendala yang paling sering dikeluhkan oleh penggunanya. Cara mengatasi masalah ini hanya bisa dilakukan dengan menyalakan dan mematikan kembali mode pesawat, atau dengan melakukan restart WiFI. Perlu diketahui pemecahan masalah ini bersifat sementara, dan sewaktu-waktu masalah tersebut dapat muncul kembali.

4. Masalah overheating
Bukan hal baru lagi bila ponsel dengan sistem Android Lollipop kerap mengalami masalah overheating alias terlalu panas. Umumnya, masalah ini disebabkan oleh kinerja sistem operasi dan sistem pembuangan panas saat menjalankan aplikasi-aplikasi 3D (tiga dimensi). Cara mengatasi overheat yaitu dengan mematikan semua aplikasi yang berjalan atau dengan menghapus aplikasi yang bekerja terlalu berat.

5. Masalah daya baterai yang cepat habis
Bila Anda termasuk pengguna Android Lollipop dari hasil upgrade, maka masalah daya baterai yang cepat habis mungkin menjadi masalah menjengkelkan. Untuk mengatasi masalah ini agak sedikit ribet, pasalnya Anda perlu melakukan factory reset dan melakukan upgrade ulang sistem operasi. Tentunya, sebelum melalukan hal tersebut, Anda perlu membuat cadangan (backup) data penting ke tempat penyimpanan lain, agar tak terhapus nantinya.

6. Masalah pada pemutar video
Masalah pada kemampuan menjalankan video, khususnya saat memutar video di YouTube, mungkin menjadi salah satu masalah klasik yang kerap dialami pengguna Android Lollipop. Masalah ini bisa diatasi dengan menghapus cache atau dengan melakukan reboot. Namun, dari beberapa laporan dan uji coba, disebutkan bahwa melakukan pembaruan aplikasi pemutar video juga bisa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

7. Masalah Pada flashlight yang tiba-tiba mati
Pernah mencoba menyalakan flashlight di ponsel Android Lollipop dalam jangka waktu lama? Nah, salah satu masalah bila Anda menyalakan flashlight dalam waktu lama adalah secara tiba-tiba lampu flashlight akan padam dan tak bisa digunakan kembali. Tak banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, karena hingga kini Google sendiri belum melakukan perbaikan pada bug di flashlight Android Lollipop. Namun, satu-satunya yang bisa dilakukan agar flashlight bisa digunakan kembali adalah dengan melakukan reboot ponsel.

8. Masalah tak adanya mode silent
Siapa yang bisa membuat mode suara ponsel Android Lollipop menjadi silent? Ya, hampir-hampir tak ada yang bisa menemukan cara untuk mengatasi masalah tidak adanya mode silent di sistem operasi Android Lollipop. Guna mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan sebuah trik, yaitu dengan menurunkan volume suara sampai ke level paling rendah, dan setelah itu lakukan restart ponsel. Biasanya setelah melakukan hal tersebut, ponsel Android Lollipop akan bekerja "seperti" dalam mode silent, sayangnya suara alarm juga akan benar-benar tak bersuara dengan trik ini.

9. Masalah pada kamera yang tidak bisa dijalankan
Masalah ini biasanya dialami oleh pengguna setelah melakukan update Lollipop, dimana layanan kamera tak bisa dibuka dan dijalankan. Selain itu, dalam beberapa kasus berbeda, tak ada tombol untuk mengalihkan penggunaan kamera (belakang ke depan). Cara mengatasi keadaan ini adalah dengan menghapus data aplikasi kamera, yaitu dengan langkah buka Settings > Apps > All > Camera dan lakukan tap untuk menghapus data. Ingat, yang dihapus adalah data aplikasi kamera, bukanlah data di galeri kamera.  

10. Masalah sinyal GPS turun atau hilang
Walaupun tak sebanyak masalah yang telah disebutkan di atas, namun masalah sinyal GPS yang tiba-tiba hilang atau turun, bisa menjadi masalah menjengkelkan. Solusi mengatasi masalah ini bisa dengan melakukan factory reset. Namun jika tak ingin menggunakan cara tersebut, Anda bisa mencoba untuk mengubah mode lokasi di pengaturan, yaitu dengan menyetel pengaturan GPS menjadi high accuracy.


Nah, demikianlah informasi tentang 10 Masalah Umum di Android Lollipop dan Cara Mengatasinya. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top