Advertisement
Ilmuwan Ungkap Fakta Penting Terkait Pengaruh Sosok Ayah Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Anak - Mungkin telah banyak artikel pendidikan yang menyebutkan bagaimana pentingnya peran orangtua terhadap pendidikan anak, bahkan tak sedikit pula para ahli yang telah mengungkap fakta-fakta tentang pengaruh keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak.
Ilmuwan Ungkap Pengaruh Sosok Ayah Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Anak
Pengaruh Sosok Ayah Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Anak
Barkaitan dengan peran orangtua dalam pendidikan anak, mungkin bukan hal baru lagi bila menyebutkan ibu adalah sosok yang memiliki pengaruh paling besar bagi pendidikan anak mereka. Pertanyaannya, bagaimana dengan ayah? Seberapa besar pengaruh pria yang bertanggung jawab sebagai kepala rumah tangga di dalam keluarga tersebut bagi pendidikan anak? Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, maka pada kesempatan kali ini redaksi Spesial Tips akan mencoba berbagi informasi penting tentang sebuah hasil penelitian terbaru, yang berhasil mengungkap pengaruh sosok ayah terhadap pendidikan anak, khususnya dalam hal motivasi belajar dan prestasi akademik anak.

Berdasarkan informasi yang dirangkum redaksi Spesial Tips dari Science Daily, diketahui bahwa melalui hasil penelitian para ilmuwan dari University of Texas, didapati sebuah fakta unik, di mana perhatian tinggi dan kasih sayang seorang ayah, khususnya dalam keluarga prasejahtera, ternyata secara signifikan mampu memengaruhi motivasi belajar anak dan prestasi akademik mereka.

Hasil penelitian yang juga telah dipublikasikan pada wadah publikasi ilmiah, Springer, menjelaskan bahwa hasil analisis data pada 183 anak-anak yang berasal dari golongan keluarga prasejahtera, ditemukan bahwa kehangatan cinta seorang ayah memiliki pengaruh khusus pada anak, yaitu mampu membuat mereka merasa optimis dan lebih termotivasi berjuang untuk hal-hal yang lebih besar. Selain itu, sosok ayah tersebut, didapati pula mampu memengaruhi prestasi akademik berdasarkan gender anak, misalnya saja peningkatan nilai Matematika pada anak gadis berusia remaja dan meningkatnya kemampuan bahasa pada anak laki-laki mereka.


Temuan ini menunjukkan bagaimana sosok seorang ayah dapat memberi dukungan dan pengaruh dalam pendidikan anak remaja mereka dengan menciptakan rasa optimis lebih besar, pada akhirnya berkontribusi memberikan prestasi lebih tinggi di sekolah.

Nah, dari penjelasan di atas dapat kita ketahui bahwa peran sosok seorang ayah ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pendidikan anak. Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan, kiranya bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top