Advertisement
Tiga Cara Mudah Mengatasi Penurunan Performa Laptop Lama Anda - Laptop lama Anda sering hang? Makin terasa lambat saat digunakan bekerja? Atau bahkan Anda kerap mendapati warna layar laptop tetap hitam saat pertama kali dinyalakan? Ya, masalah penurunan performa laptop lama seperti ini mungkin menjadi masalah paling umum dialami dan dikeluhkan oleh kebanyakan pemilik laptop dengan usia pemakaian di atas 3 tahun.
3 Cara Mudah Untuk Mengatasi Penurunan Performa Laptop Lama Anda
3 Cara Mudah Untuk Mengatasi Penurunan Performa Laptop Lama Anda
Bagi orang awam, masalah penurunan performa laptop bisa menjadi masalah memusingkan dan bukanlah perkara yang mudah untuk dihadapi, sekalipun telah melihat berbagai penjelasan dari berbagai informasi yang tersedia melalui internet. Nah, berkaitan dengan hal ini, maka redaksi Spesial Tips akan mencoba berbagi informasi tentang beberapa cara yang lebih mudah untuk dipahami dan diaplikasikan bagi sahabat pembaca sekalian, guna mengatasi masalah penurunan performa laptop lama Anda.

1. Mengganti jenis hard drive
Umumnya sarana penyimpanan data atau yang lebih dikenal dengan istilah hard drive pada laptop lama, masih memakai jenis hard drive konvensional bernama HDD (Hard Disk Drive) dengan mekanisme kerja mengandalkan kemampuan piringan magnetik dan lengan mekanik untuk membaca data yang tersimpan. Sayangnya, cara kerja hard drive jenis ini memiliki beberapa kelemahan yang bisa memengaruhi performa laptop, misalnya saja proses menyimpan dan membaca data yang membutuhkan proses yang memakan waktu dan daya lebih besar, ditambah lagi hard drive HDD rentan dengan benturan atau goncangan, sampai proses kerja yang bisa menghasilkan panas.

Namun jangan kuatir, ada cara mudah untuk mengatasi masalah penurunan kinerja laptop yang disebabkan oleh kelemahan jenis hard drive ini, yaitu dengan mengganti sarana penyimpanan data di laptop menggunakan hard drive berjenis SDD (Solid State Drive) yang memiliki kemampuan kerja lebih cepat dan awet, dibandingkan hard drive HDD.

2. Rutin membersihkan data dan program yang tidak dibutuhkan
Semakin banyak data dan program yang disimpan di dalam hard drive maka akan semakin banyak tempat yang dibutuhkan, selain itu akan memperbesar pula beban hard drive untuk menyusun dan membaca data. Nah, keadaan ini tentunya mengakibatkan penurunan performa dengan makin lambatnya kerja laptop. Cara mudah mengatasi keadaan ini, selain mengganti jenis hard drive, yaitu dengan secara rutin membersihkan (menghapus) data dan program yang tidak diperlukan lagi.

3. Mengganti/Menambah kapasitas RAM (Random Acces Memory)
Alasan lain menurunnya performa laptop juga sangat besar dipengaruhi oleh kondisi dan kapasitas RAM (Random Acces Memory) yang berfungsi sebagai media penyimpanan data sementara. Efek panas yang dihasilkan laptop saat digunakan, besarnya jumlah data yang berjalan saat melakukan aktivitas multitasking, sampai dengan banyaknya program lunak yang terpasang, lama kelamaan akan membuat beban kerja RAM makin bertambah. Tentunya dengan mengganti atau menambah kapasitas RAM bisa menjadi cara paling mudah untuk mengatasi penurunan performa laptop tersebut.

Selain ketiga cara di atas, disarankan pula bagi Anda untuk menghindari keadaan yang bisa menyebabkan menurunnya performa laptop, seperti aktivitas multitasking, benturan atau goncangan pada laptop, menggunakan laptop dalam jangka waktu terlalu lama sehingga menimbulkan panas.

Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan, tentang cara mudah mengatasi penurunan laptop lama Anda. Semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top