Advertisement
Mengenal Lima Masalah Kesehatan yang Ditandai Oleh Kondisi Pada Telinga Seseorang - Berbagai macam masalah kesehatan dapat ditandai dengan hanya melihat kondisi organ tubuh tertentu, dari perubahan pada kemampuan organ penciuman atau hidung, sampai dengan warna rambut seseorang.
Lima Masalah Kesehatan yang Bisa Dikenali Melalui Kondisi Telinga
Masalah Kesehatan yang Bisa Dikenali Melalui Kondisi Telinga
Walaupun tak bisa seratus persen menunjukkan kondisi tubuh yang sebenarnya, namun banyak hasil penelitian yang telah membuktikan bagaimana hubungan organ tubuh dengan kondisi kesehatan seseorang, bisa menjadi petunjuk awal untuk mengetahui masalah kesehatan yang berpotensi terjadi pada seseorang.

Baca Juga: Empat Masalah Kesehatan Yang Dapat Diketahui Dari Bulu Pada Tubuh

Berkaitan dengan masalah kesehatan yang dapat diketahui dengan melihat kondisi organ tubuh tertentu, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang mengenali masalah kesehatan dengan melihat tanda-tanda yang ditunjukkan oleh telinga kita. Berdasarkan hasil rangkuman dari berbagai sumber informasi, terdapat setidaknya lima masalah kesehatan yang dapat dikenali melalui kondisi telinga.

1. Penyakit diabetes
Gangguan pendengaran yang dialami oleh seseorang, ternyata tak semata-mata hanya karena masalah pada telinga saja. Faktanya, berdasarkan hasil penelitian di tahun 2008 yang dilakukan oleh National Institutes of Health, gangguan pendengaran juga bisa menjadi petunjuk gejala penyakit diabetes. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penderita diabetes cenderung mengalami gangguan pendengaran dua kali lebih tinggi, dibandingkan orang yang tak menderita penyakit tersebut.

2. Penyumbatan pada arteri
Masalah kesehatan yang juga ditunjukkan oleh kondisi telinga adalah gejala terjadinya penyumbatan pada arteri. Uniknya, masalah kesehatan ini bisa dilihat hanya dengan melihat ada atau tidaknya lipatan pada cuping telinga. Hal ini diketahui berdasarkan hasil penelitian di tahun 2002 yang dilakukan oleh para ilmuwan di Cedars-Sinai Medical Center dan juga telah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah bertajuk The American Journal of Cardiology, dimana orang-orang yang memiliki lipatan diagonal pada cuping telinga, akan lebih mungkin untuk menunjukkan tanda-tanda penyakit jantung.

3. Masalah pada rahang
Telinga terasa nyeri saat mengunyah, berbicara atau saat membuka mulut dengan lebar? Bila ya, maka boleh jadi gejala tersebut menunjukkan masalah pada rahang Anda. Diketahui bahwa rasa nyeri yang ditunjukkan tersebut merupakan diagnosa umum terjadinya masalah temporomandibular joint (TMJ) atau gangguan sendi rahang.

4. Alergi
Telinga terasa seperti tersumbat, seperti layaknya sensasi yang dialami ketika berada di dalam pesawat? Nyatanya, gejala ini ternyata dapat pula disebabkan karena gangguan alergi yang dialami oleh hidung seseorang. Diketahui bahwa seseorang yang menderita alergi dan memunculkan gejala hidung tersumbat, bersin, dan mata berair, akan secara langsung memengaruhi salah satu bagian di dalam telinga yang disebut dengan tabung eustachio yang berada dekat dengan hidung dan menyebabkan sensasi telinga seperti tersumbat.

5. Masalah Kecemasan, hipertensi dan tumor otak
Telinga sering terasa berdengung dan seperti mendengar bunyi nging? Dalam istilah kesehatan kondisi ini disebut sebagai tinnitus. Walaupun bukan merupakan penyakit, tapi tinnitus dapat menjadi gejala seseorang mengalami masalah kesehatan tertentu, diantaranya adalah masalah kecemasan dan hipertensi. Pada kasus yang sangat jarang terjadi, tinnitus juga dapat menjadi penanda bahwa seseorang menderita tumor otak jinak neuroma akustik.

Baca Juga : Kenali Empat Risiko Masalah Kesehatan Berdasarkan Warna Rambut

Nah, demikianlah informasi tentang lima masalah kesehatan yang bisa dikenali melalui telinga seseorang. Semoga informasi tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top