Advertisement
Panduan Lengkap Cara Menggunakan Aplikasi Pesan Instan Google Allo - Baru-baru ini dikabarkan pihak Google telah secara resmi mengumumkan peluncuran aplikasi pesan instan bertajuk Google Allo. Dikutip dari halaman resmi Google, diketahui bahwa aplikasi Google Allo merupakan aplikasi instan pintar yang memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri, dibanding aplikasi serupa yang telah lebih dulu hadir, seperti WhatsApp atau Facebook Messenger.
Panduan Lengkap Cara Menggunakan Aplikasi Pesan Instan Google Allo
Panduan Lengkap Cara Menggunakan Aplikasi Pesan Instan Google Allo
Berdasarkan hasil penelusuran redaksi SpesialTips! diketahui pula mulai banyak pengguna ponsel pintar, khususnya di Indonesia yang merasa penasaran dengan kehadiran dan cara menggunakan aplikasi pesan instan Google Allo. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya jumlah hasil pencarian pada mesin pencari Google, dengan kata kunci "cara menggunakan aplikasi Google Allo", dimana untuk saat ini saja tercatat lebih dari 300 ribu pencarian.

Melihat minat dan antusias yang tinggi berhubungan dengan cara penggunaan aplikasi pesan instan besutan Google tersebut, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba membantu dengan berbagi informasi tentang panduan lengkap cara menggunakan aplikasi pesan instan Google Allo. Apa dan bagaimana cara menggunakan aplikasi pesan instan yang diklaim oleh Google sebagai aplikasi messaging pintar tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Memulai aplikasi Google Allo
Untuk bisa menggunakan Aplikasi pesan instan Google Allo, maka kita perlu terlebih dahulu melakukan pemasangan aplikasi tersebih dahulu melalui layanan resmi penyedia aplikasi Google Play Store bagi para pengguna Android, atau bagi Anda pengguna iOS bisa mendapatkan aplikasi tersebut secara resmi melalui Apple App Store.
  • Usai tahap pemasangan, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah tahap registrasi pengguna dengan melakukan verifikasi, dengan memasukkan nomor telepon Anda, dimana nantinya pihak Google akan mengirimkan kode khusus melalui pesan singkat, untuk selanjutnya dimasukkan sebagai syarat verifikasi.

Tahap Verifikasi Aplikasi Google Allo
Tahap Verifikasi Aplikasi Google Allo
  • Setelah menyelesaikan tahapan verifikasi, maka secara otomastis aplikasi Google Allo akan meminta Anda untuk melakukan "snap selfie", yaitu mengambil gambar yang nantinya akan dijadikan sebagai identitas profil pengguna. Selain itu Anda akan diminta untuk mengetikkan nama pengguna untuk menyelesaikan proses pembuatan profil identitas Anda.
  • Bila tahapan proses di atas telah dilakukan dengan benar, maka akan muncul pesan pertama dari layanan Google Assistant, sebagai salah satu fitur unggulan aplikasi Google Allo.

Perlu diketahui pula, aplikasi Google Allo dipasarkan secara bertahap pada masing-masing negara, sehingga belum semua negara dapat menikmati layanan pemasangan aplikasi tersebut.

Mengenal Fungsi Fitur yang Terdapat Pada Aplikasi Google Allo dan Cara Menggunakannya
Setelah langkah awal memulai pemasangan dan registrasi, maka hal penting lainnya yang perlu untuk diketahui para pengguna Google Allo adalah mengenal fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi tersebut, dan cara menggunakannya. Adapun beberapa fitur yang 'wajib' diketahui adalah:

1. Sticker dan Foto
Tak kalah dengan aplikasi sejenis lainnya, Google Allo juga mendukung layanan berkirim pesan dalam bentuk sticker, dan foto atau gambar.
Fitur Sticker & Foto Aplikasi Google Allo
Fitur Sticker & Foto Aplikasi Google Allo
  • Untuk mengirim sticker, Anda cukup melalukan tap, pada tanda plus (+) pada sisi kiri kotak obrolan, maka selanjutnya akan muncul pilihan beberapa sticker lucu yang dapat dikirimkan kepada teman obrolan . Perlu diketahui pula, Anda dapat memasang lebih banyak sticker dengan melakukan pengunduhan dan pemasangan sticker baru yang diinginkan. 
  • Sementara itu, untuk berkirim foto atau dengan teman obrolan, Anda dapat menggunakan beberapa pilihan, seperti mengambil gambar terlebih dahulu dengan kamera, atau mengambil gambar dari album ponsel. Uniknya lagi, Anda dapat berkreasi dengan gambar yang akan dikirim, dengan menggunakan layanan pena, yang menyediakan tujuh warna pena dan jenis gaya overlay yang berbeda.


2. Incognito Chat (Obrolan yang disamarkan)

Salah kelebihan aplikasi Google Allo juga dikarenakan ketersediaan fitur Incognito Chat atau bisa juga diartikan sebagai obrolan/percakapan yang disamarkan. Fungsi dari fitur incognito chat adalah kemampuan untuk menyamarkan profil pengguna, dan kemampuan mengirim pesan terenkripsi secara end-to-end, yang juga bisa diatur untuk mampu hilang (hancur) dengan sendirinya, sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh pengguna.

Cara menggunakan fitur Incognito Chat sangatlah mudah, Anda hanya perlu membuat pesan baru dan mengaktifkan pilihan Start incognito chat. Perlu diketahui pula bahwa pengaturan dasar dari fitur ini akan berjalan dalam waktu 1 jam, namun kita dapat mengubahnya dan menyesuaikan dengan waktu yang diinginkan. Selain itu Anda juga perlu mengatur waktu hilangnya pesan berdasarkan beberapa pilihan waktu yaitu dari 5 detik, hingga 1 minggu.

3. Google Assistant
Inilah fitur paling diunggulkan pada aplikasi Google Allo. Kehadiran fitur Google Assistant membuat aplikasi pesan instan Google Allo memiliki nilai lebih dibanding aplikasi pesan instan lainnya. Pada dasarnya fungsi dari fitur Google Assitant merupakan layanan berbagi informasi yang dibutuhkan penggunanya. Salah satu contoh kegunaan fitur Google Assistant yaitu, ketika Anda dan teman sedang melakukan percakapan melalui aplikasi Google Allo untuk merencanakan makan di restoran tertentu, maka Anda dapat mengetikkan pertanyaan pada Google Assistant, untuk mencari informasi tentang pilihan restoran yang sesuai. Selanjutnya secara otomasti Google Assistant akan memunculkan informasi yang terkait dengan pencarian restoran, misalnya lokasi, menu, hingga foto restorannya pun akan ditampilkan.

Untuk bisa menggunakan fitur Google Assistan pada aplikasi pesan instan Google Allo, hal yang perlu dilakukan adalah dengan hanya mengetikkan perintah "@google" atau "Google", maka secara otomatis layanan Google Assistant akan muncul di atas kotak obrolan/percakapan. Selanjutnya Anda bisa memasukkan layanan tersebut ke dalam kotak obrolan/percakapan, dengan hanya melakukan tap pada fitur tersebut.

4. Smart Reply
Fitur unik lainnya dari aplikasi pesan instan Google Allo adalah layanan Smart Reply. Fungsi dari fitur ini adalah memudahkan pengguna untuk melakukan respon cepat terhadap pesan yang masuk, dengan menghadirkan beberapa pilihan jawaban membalas pesan otomatis, dengan hanya sekali sentuh. Misalnya saja, ketika terdapat pesan masuk dan ternyata Anda dalam keadaan sibuk dan sulit untuk mengetik kata atau kalimat yang panjang, maka fitur smart reply akan memunculkan perkiraan jawaban yang kira-kira sesuai untuk membalas pesan tersebut.

Baca Juga: Google Tambah Tiga Fitur Baru di Aplikasi Pesan Instan Google Allo, Begini Cara Menggunakannya

Demikianlah informasi tentang panduan lengkap cara menggunakan aplikasi pesan instan Google Allo. Semoga informasi tersebut, bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top