Advertisement
Fakta Unik Berdasarkan Beberapa Hasil Penelitian Ilmiah yang Menjelaskan, Bagaimana Nama Bisa Memengaruhi Karir Seseorang - "Apalah arti sebuah nama." Mungkin banyak diantara kita yang sering mendengar ungkapan tersebut, yang menunjukkan bahwa nama seseorang tidaklah terlalu penting untuk dipermasalahkan dan juga tak banyak memengaruhi kehidupan seseorang.
Enam Fakta Unik Pengaruh Nama Terhadap Karir Seseorang
Enam Fakta Unik Pengaruh Nama Terhadap Karir Seseorang
Tak sepenuhnya benar, pasalnya dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali contoh nyata yang membuktikan pada kita bagaimana sebuah nama bisa memberikan pengaruh besar dalam hidup seseorang, khususnya untuk perkara karir. Contohnya saja, banyak selebriti dalam dan luar negeri yang lebih memilih menggunakan nama 'panggung' dibanding dengan nama asli mereka, bahkan bukan hanya pada selebriti saja, penulis novel, sampai dengan preman pasar pun lebih memilih menggunakan nama 'beken' mereka daripada memakai nama aslinya.

Selain fakta tersebut, ternyata para ilmuwan dunia juga memiliki alasan mengapa nama yang disandang oleh seseorang bisa sangat besar memengaruhi karir. Berdasarkan informasi yang dikutip dari The Independent diketahui bahwa setidaknya ada beberapa fakta unik yang diungkapkan melalui hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dunia, terkait dengan pengaruh nama terhadap karir. Apa dan bagaimana fakta-fakta unik tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Fakta 1: Nama yang lebih mudah diucapkan, ternyata lebih mudah pula untuk mendapatkan dukungan
Disebutkan dari sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di New York University, ternyata seseorang dengan nama yang lebih mudah untuk diucapkan, cenderung memiliki posisi atau status yang lebih tinggi di tempat kerjanya. Dijelaskan oleh ahli psikologi, Adam Alter, ketika sepotong informasi lebih mudah dan dipahami untuk diproses oleh kita, maka kita akan lebih mungkin untuk menyukainya.

Fakta 2: Nama yang lebih umum (banyak digunakan), maka akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan
Berdasarkan sebuah hasil penelitian di Marquette University, para ilmuwan menemukan bukti yang menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki nama unik cenderung lebih disukai, akan tetapi untuk urusan karir, nama yang lebih banyak digunakan alias lebih umum, lebih mudah lagi untuk mendapatkan pekerjaan, dibandingkan dengan mereka yang menggunakan nama yang lebih langka (jarang).

Fakta 3: Nama terakhir yang lebih dekat dengan urutan abjad, lebih mudah untuk diterima pada universitas ternama (lebih baik)
Perlu diketahui oleh sahabat SpesialTips! sekalian bila nama terakhir, lebih umum digunakan untuk dijadikan nama panggilan di barat. Berkaitan dengan nama terakhir, maka dari hasil penelitian yang telah dipublikasikan pada jurnal ilmiah Economics of Education Review, disebutkan melalui hasil pengamatan pada 90.000 mahasiswa di Republik Ceko, dengan membandingkan nama terakhir lebih dekat dalam urutan abjad dan peluang mereka diterima di universitas ternama (lebih baik), didapati fakta unik dimana mereka yang memiliki nama terakhir paling dekat dengan urutan abjad lebih mungkin untuk diterima pada universitas ternama, dibandingkan dengan pemilik nama terakhir sebaliknya.

Fakta 4: Menggunakan inisial pada nama tengah, cenderung membuat orang lain berpikir si pemilik nama lebih pintar dan kompeten
Fakta unik lainnya bagaimana nama dapat memengaruhi karir seseorang adalah penggunaan inisial pada nama tengah, yang bisa memberikan dampak pada orang lain, dimana mereka akan berpikir si pemilik nama tersebut lebih pintar dan kompeten dalam sebuah pekerjaan. Contohnya seperti nama, David R.P.R Woods, atau Budi R. Sutomo.

Fakta 5: Seseorang lebih berpotensi di terima bekerja jika memiliki inisial nama yang sama dengan perusahaan perekrut
Mungkin terdengar seperti mengada-ada, tapi uniknya dari hasil penelitian para ilmuwan di Ghent University, didapati fakta bahwa seseorang lebih berpotensi untuk dipekerjakan jika memiliki inisial nama yang sama dengan perusahaan perekrut. Misalnya saja, nama Bryan Irvin lebih mungkin bekerja dengan perusahaan bernama Business Insider, atau contoh lainnya seperti Mukidi Lucu dengan perusahaan dengan bernama Maju Lancar.

Fakta 6: Nama yang terdengar mulia, lebih mungkin untuk bekerja pada posisi jabatan yang lebih tinggi
Pada sebuah studi di Eropa, para ilmuwan meneliti nama-nama asli Jerman dan jabatan mereka di berbagai perusahaan. Uniknya didapati fakta unik dimana nama-nama yang terdengar mulia seperti Kaiser (Kaisar), König (Raja) justru menempati posisi jabatan manajerial, dibandingkan nama-nama seperti Koch (Memasak) atau Bauer (Petani).

Unik bukan? Nah, dari beberapa hasil penelitian di atas, dapat kita ketahui bersama bahwa perkara nama tak bisa dianggap sepele, apalagi bila berhubungan dengan karir.


Demikianlah informasi tentang fakta unik bagaimana nama bisa memengaruhi karir seseorang. Semoga saja, informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top