Advertisement
Empat Fakta Unik Tentang Kontak Mata (Eye Contact) yang Jarang Diketahui - Pernah melakukan kontak mata (eye contact) dengan seseorang? Entah itu karena disengaja atau tidak, mungkin hampir sebagian besar diantara kita akan menjawab pernah mengalami keadaan tersebut. Untuk diketahui, kontak mata (eye contact) sendiri diartikan sebagai sebuah keadaan atau kejadian ketika dua orang saling bertatapan (melihat) mata pada waktu yang sama.
Empat Fakta Unik Tentang Kontak Mata (Eye Contact) yang Jarang Diketahui
Empat Fakta Unik Tentang Kontak Mata (Eye Contact) yang Jarang Diketahui
Uniknya, kontak mata (eye contact) mampu membawa dampak besar bagi orang yang terlibat di dalamnya, tak jarang kontak mata dengan orang asing dapat mengakibatkan munculnya perasaan canggung, kesal, atau bahkan dapat pula memunculkan rasa ingin tahu, bahkan memicu refleks senyuman terhadap seseorang. Lebih jauh membahas tentang kontak mata (eye contact), dikutip dari Wikipedia, pada dasarnya kontak mata merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal dan memiliki pengaruh besar terhadap perilaku sosial. 

Selain itu, kontak mata juga bisa diartikan berbeda oleh orang yang terlibat, dan dipengaruhi oleh bermacam-macam hal, misalnya saja budaya, sampai dengan suasana hati orang itu sendiri.

Nah, Berkaitan dengan uniknya salah satu peristiwa yang sering dialami oleh banyak orang ini, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang beberapa fakta unik, tentang kontak mata (eye contact) yang mungkin tak pernah Anda ketahui sebelumnya. Berdasarkan informasi yang dikutip dari Psychology Today, setidaknya terdapat empat fakta unik seputar kontak mata, yang perlu untuk diketahui.

Lima Fakta Unik Tentang Kontak Mata (Eye Contact) yang Jarang Diketahui


1. Kontak mata dapat menyebabkan perubahan reaksi perasaan atau gairah
Fakta unik kontak mata dapat menyebabkan perubahan reaksi perasaan atau gairah. Namun, reaksi dan penafsiran perubahan gairah yang ditimbulkan dari terjadinya kontak mata, tentunya bergantung pada keadaan dan pihak yang terlibat kontak mata itu sendiri. Misalnya saja, kontak mata terjadi dengan orang asing yang terlihat lebih besar dari pada Anda akan lebih mungkin dapat memunculkan reaksi takut. Uniknya, hal ini akan menjadi berbeda bila kontak mata terjadi antara Anda dan pasangan Anda, dimana perubahan reaksi perasaan atau gairah akan lebih mungkin mengarah pada hal-hal menyenangkan.

2. Kontak mata dapat menunjukkan senyuman bahagia yang sebenarnya
Melalui kontak mata, maka kita dapat mengenali senyuman bahagia yang benar-benar dilakukan karena rasa bahagia, atau hanya senyum palsu belaka. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh seorang psikolog ternama, Dr. Paul Ekman, diketahui bahwa senyuman bahagia yang sebenarnya bisa dikenali melalui tampilan disekitar mata, dimana saat senyuman tersebut akan membuat mata menjadi menyempit dan membentuk garis di ujung mata, yang lebih dikenal dengan sebutan crow's feet.

3. Kontak mata dapat membantu mengenali tingkat ketertarikan seseorang
Kontak mata ternyata dapat menjadi sarana unik bagi seseorang, untuk membantu mengenali tingkat ketertarikan orang lain terhadap dirinya. Hal ini didasari hasil studi ilmiah, dimana pupil mata yang membesar juga menunjukkan ketertarikan seseorang, dan membuat intensitas kontak mata semakin bertambah kuat.

4. Kontak mata dapat menjadi cara untuk mengetahui seseorang yang sedang berbohong
Banyak pendapat yang mengatakan bahwa seseorang yang sedang berbohong tidak akan melakukan kontak mata dengan lawan bicaranya. Namun, berdasarkan beberapa hasil penelitian lainnya tentang isyarat nonverbal, disebutkan pula bahwa tak jarang orang yang berbohong akan lebih banyak berusaha melakukan kontak mata, agar terlihat lebih jujur.


Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan tentang empat fakta unik tentang kontak mata (eye contact) yang jarang diketahui. Semoga informasi tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top