-->

Empat Manfaat Sehat Melakukan Latihan Tai Chi

Advertisement
Empat Manfaat Sehat Melakukan Latihan Tai Chi - Ada banyak jenis olahraga santai yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, dari jalan santai di pagi atau sore hari, sampai dengan bersepeda menyusuri taman. Namun, pernahkah terpikirkan oleh Anda untuk melakukan latihan Tai Chi? Mungkin Anda akan bertanya-tanya, kenapa harus memilih latihan Tai Chi?
Empat Manfaat Sehat Melakukan Latihan Tai Chi
Empat Manfaat Sehat Melakukan Latihan Tai Chi
Nah, guna menjawab pertanyaan di atas, perlu sahabat ketahui bahwa berdasarkan informasi yang dikutip dari prevention.com,  disebutkan oleh yaitu Dr. Joseph S. Feuerstein, MD, selaku ahli kesehatan dari Columbia University, latihan Tai Chi merupakan salah satu olahraga terbaik untuk melatih keseimbangan dan fleksibilitas tubuh, bahkan mampu menjadi cara untuk memperlambat proses penuaan.

Dijelaskan lebih lanjut, terdapat empat manfaat sehat yang bisa kita dapatkan melakukan latihan Tai Chi. Apa dan bagaimana keempat manfaat sehat melakukan latihan yang juga dikenal sebagai jenis seni bela diri asal negeri tirai bambu tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Memperlambat proses penuaan
Disebutkan dalam sebuah hasil penelitian di tahun 2015, latihan Tai Chi ternyata mampu meningkatkan jumlah sel khusus yang bekerja sebagai penanggung jawab fungsi pertumbuhan dan regenerasi sel baru di dalam tubuh.

2. Meredakan inflamasi
Perlu diketahui bahwa inflamasi atau peradangan di dalam tubuh akibat stres dapat berdampak serius bagi tubuh, yaitu meningkatkan risiko beberapa penyakit berbahaya seperti stroke, diabetes, hingga kanker. Berkaitan dengan masalah tersebut, ternyata melakukan latihan Tai Chi juga bisa bermanfaat sebagai salah satu cara untuk meredakan inflamasi.

3. Menjaga kekuatan dan massa otot
Manfaat sehat lainnya dari melakukan latihan Tai Chi adalah mampu menjaga kekuatan dan massa otot. Hal ini diketahui berdasarkan sebuah hasil studi terhadap lebih dari 50 orang, dimana para partisipan yang sering melakukan latihan Tai Chi, menunjukkan kemampuan yang lebih baik pada uji coba ketahanan dan kekuatan tubuh.

4. Meredakan nyeri persendian
Dari hasil penelitian di Tufts University didapati fakta bahwa mereka yang melakukan latihan Tai Chi secara rutin (dua kali seminggu), cenderung lebih sedikit menderita nyeri persendian, dibandingkan orang yang melakukan terapi fisik pada jumlah waktu yang sama pula.

Selain keempat manfaat di atas, melakukan latihan Tai Chi juga dapat membawa pula efek positif lainnya, yaitu meningkatkan suasana hati (mood) menjadi lebih baik.


Demikianlah informasi tentang empat manfaat sehat melakukan latihan Tai Chi. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement
LihatTutupKomentar