Advertisement
Gemar Membaca Buku Ternyata Bermanfaat Memperpanjang Panjang Umur - Apakah Anda termasuk orang yang gemar membaca buku? Bila ya, maka informasi dari SpesialTips! kali ini bisa jadi kabar gembira. Bagaimana tidak, selain bermanfaat untuk menambah pengetahuan, ternyata kebiasaan tersebut juga mampu menjadi salah satu cara mudah dan menyenangkan agar bisa panjang umur.
Gemar Membaca Buku Ternyata Bermanfaat Memperpanjang Umur
Gemar Membaca Buku Ternyata Bermanfaat Memperpanjang Umur
Pada dasarnya, membaca banyak buku secara langsung memberikan jalan bagi otak untuk makin banyak bekerja mendapatkan informasi. Nah, ternyata  keadaan tersebut bisa memberikan dampak positif bila dilakukan lebih sering, yaitu membuat kemampuan otak tetap terjaga, dan memperpanjang umur.

Bukan tanpa bukti, berdasarkan informasi yang dikutip redaksi SpesialTips! dari openculture.com, dikabarkan bahwa dari hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Yale University School of Public Health, berhasil mengungkap sebuah fakta penting, tentang bagaimana pengaruh kebiasaan membaca buku dengan usia hidup seseorang. Disebutkan dalam hasil penelitian yang juga telah dipublikasikan pada jurnal ilmiah ScienceDirect tersebut, dari pengamatan dan perbandingan data terhadap 3635 orang, khususnya antara mereka yang memiliki kebiasaan membaca buku dan sebaliknya, didapati bahwa orang yang gemar membaca buku memiliki rata-rata usia hidup dua tahun lebih lama. 

Lebih jauh diungkapkan pula, orang yang membaca buku tiga setengah jam per minggu memiliki persentase hidup lebih lama sebanyak 17 persen. Uniknya, bila kebiasaan membaca buku menjadi lebih banyak (lama), maka persentase hidup lebih lama akan bertambah pula. Fakta lain yang juga didapati dari hasil penelitian tersebut adalah hubungan hidup lebih lama juga ditemukan pada mereka yang memiliki kebiasaan membaca koran dan majalah, hanya saja dampaknya lebih rendah dibandingkan dengan membaca buku.


Dijelaskan oleh Becca R. Levy, PhD, selaku profesor epidemiologi dan psikologi di Yale University, membaca buku minimal setengah jam perhari dapat memberikan manfaat secara signifikan terhadap kemampuan bertahan hidup orang tersebut.

Nah, demikianlah informasi yang tentang fakta unik manfaat gemar membaca buku yang bisa memperpanjang umur kita. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top