Advertisement
Dampak Menakutkan Tindak Kekerasan Pada Anak Perempuan, Tingkatkan Risiko Kematian Dini Saat Dewasa - Tindak kekerasan pada anak, merupakan momok yang hingga saat ini masih sering dialami oleh anak-anak Indonesia. Tak hanya mampu membawa pengaruh negatif bagi tumbuh kembangnya, diketahui pula tindak kekerasan pada anak, khususnya pada anak perempuan, ternyata dapat membawa dampak yang mengkhawatirkan, yaitu meningkatkan risiko kematian dini saat mereka dewasa nantinya.
Dampak Menakutkan Tindak Kekerasan Pada Anak Perempuan, Meningkatkan Risiko Kematian Dini Saat Dewasa
Dampak Tindak Kekerasan Pada Anak Perempuan
Berdasarkan informasi yang dikutip dari Time, dikabarkan bahwa menurut sebuah hasil studi terbaru yang telah dipublikasikan pada sebuah jurnal ilmiah, JAMA Psychiatry, kekerasan pada anak perempuan, baik secara fisik maupun mental, mampu meningkatkan risiko kematian dini saat dewasa.

Studi dampak kekerasan pada anak perempuan yang dilakukan oleh ilmuwan di Northwestern University tersebut, mengolah data survei pada 6.300 pria dan wanita dewasa, dan perbandingan data selama 20 tahun, terkait dengan pengalaman mereka terhadap tindak kekerasan fisik dan emosional yang pernah dialami ketika kanak-kanak. Hasilnya, ditemukan fakta bahwa pada wanita yang pernah mengalami tindak kekerasan di masa kecil, lebih mungkin untuk meninggal dibandingkan dengan wanita lainnya yang tak pernah mengalami tindak kekerasan pada masa kecilnya.

Dijelaskan oleh Dr. Edith Chen, ilmuwan dari departemen psikologi di Northwestern University, bahwa akan sangat penting artinya untuk mempertimbangkan konsekuensi tindak kekerasan masa kanak-kanak, dimana tak hanya berdampak secara psikologis, namun memungkinkan juga dapat memberi dampak pada kesehatan.


Perlu diketahui pula, masih dari sumber yang sama (Time), disebutkan bahwa studi tersebut belum bisa mengetahui secara pasti alasan (penyebab) tindak kekerasan pada anak perempuan, mampu berdampak meningkatkan risiko kematian di saat dewasa. Hanya saja, para ilmuwan masih berspekulasi dengan beberapa alasan lain, diantaranya tindak kekerasan pada masa kanak-kanak bisa meningkatkan risiko untuk mengalami masalah mental, yang dapat berujung pada depresi, penyebab terjadinya bunuh diri. Selain itu, tindak kekerasan pada anak perempuan, khususnya kekerasan fisik, memungkinkan si anak untuk mengalami peradangan kronis, penyebab dari masalah kesehatan serius, misalnya penyakit jantung.

Nah, demikianlah informasi tentang dampak tindak kekerasan pada anak perempuan yang mampu meningkatkan risiko kematian dini. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi pembaca SpesialTips! sekalian, serta bisa menjadi pesan penting akan bahaya tidak kekerasan pada anak.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top