Advertisement
Benarkah Hanya Karena Raut Wajah Seseorang Bisa Dikucilkan Oleh Lingkungan Sosialnya? Ini Dia Jawaban Para Ahli Psikologi - Pernah mengalami keadaan dimana Anda dijauhi alias dikucilkan oleh teman atau tetangga? Umumnya, pengucilan oleh lingkungan sosial tersebut merupakan dampak dari hal perbuatan yang dilakukan si korban pengucilan, yang dianggap bertentangan dengan norma atau nilai-nilai sosial pada suatu lingkungan. 
Benarkah Hanya Karena Raut Wajah Seseorang Bisa Dikucilkan Dari Lingkungan Sosial? Ini Dia Jawaban Para Ahli Psikolog
Pengaruh Raut Wajah Terhadap Kehidupan Sosial
Namun, pernahkah terbayangkan oleh Anda bila ternyata hanya karena perkara raut wajah, juga bisa menjadi alasan lain, penyebab dikucilkannya seseorang dari lingkungan sosialnya? Walau terdengar tidak adil, tapi faktanya hal tersebut adalah mungkin dan bisa saja terjadi pada siapa saja.

Bukan tanpa bukti, pasalnya berdasarkan informasi yang dikutip redaksi SpesialTips! dari ScienceDaily, baru-baru ini para ahli psikologi di University of Basel (Swiss) berhasil mengungkap sebuah fakta unik, dimana melalui hasil penelitian mereka yang membahas tentang pengaruh raut wajah terhadap lingkungan sosial, didapati bahwa orang-orang dengan raut wajah dingin dan yang tergolong dalam kategori tidak kompeten, akan lebih berpotensi mengalami pengucilan pada lingkungan sosialnya.

Pada penelitian unik yang juga telah dipublikasikan pada Journal of Experimental Social Psychology itu, tim psikolog dari University of Basel melakukan pengamatan terhadap reaksi 480 partisipan ketika disajikan beberapa gambar (foto) seorang pria dengan raut wajah berbeda. Perlu diketahui sebelumnya bahwa, karakteristik wajah pada gambar pria dengan raut wajah berbeda tersebut diubah menggunakan metode khusus, serta membagi beberapa karakteristik wajah dalam gambar menjadi beberapa kategori seperti, kategori raut wajah hangat atau dingin, dan kategori raut wajah kompetensi tinggi dan raut wajah kompetensi rendah. Selanjutnya para partisipan penelitian, diminta untuk secara spontan memutuskan untuk menerima atau mengucilkan pria pada gambar-gambar tersebut, dalam waktu dua detik.
Gambar Pria Dengan Kategori Raut Wajah Berbeda yang Digunakan Dalam Penelitian
Credits: Images: mirellawalker.com
Gambar Pria Dengan Kategori Raut Wajah Berbeda yang Digunakan Dalam Penelitian
Hasilnya, semua peserta ternyata memiliki pandangan yang sama untuk mengucilkan gambar dengan kategori raut wajah dingin dan kategori raut wajah kompetensi rendah. Namun, sebuah pengecualian ditemukan pada kombinasi gambar dengan kategori hangat dan kompetensi rendah. Dari hasil penelitian tersebut, Dr Selma Rudert, selaku ketua peneliti, menjelaskan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesan pertama seseorang dapat pula memengaruhi penilaian moral yang didasari pada sisi objektivitas.

Nah, jelas bukan? Dari informasi yang telah dijelaskan di atas, dapat kita ketahui, bila ternyata raut wajah benar-benar bisa berpengaruh terhadap kehidupan sosial seseorang, khususnya untuk urusan dijauhi alias dikucilkan oleh lingkungan sosialnya.


Demikian informasi singkat tentang jawaban para ahli psikologi, terkait dengan pengaruh raut wajah yang bisa membuat seseorang dikucilkan lingkungan sosialnya. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top