Advertisement
Tiga Dampak Buruk Berpikir Negatif Bagi Kesehatan - Sering memikirkan hasil terburuk dari sebuah situasi tertentu? Atau mungkin kerap merasa orang-orang di sekitar Anda tidak menyukai diri Anda, walaupun hal tersebut belum terbukti adanya? Jika ya, maka mungkin Anda termasuk orang yang tergolong pada kecenderungan berpikir negatif alias negative thinking.
Tiga Dampak Buruk Berpikir Negatif Bagi Kesehatan
Tiga Dampak Buruk Berpikir Negatif Bagi Kesehatan
Perlu diketahui oleh sahabat SpesialTips! sekalian, bahwa berpikir negatif adalah pola pikir yang cenderung pada hal-hal yang negatif, serta diyakini benar adanya. Walaupun sebenarnya merupakan hal yang lumrah, namun terlalu sering memiliki pikiran negatif entah itu terhadap orang lain, dan situasi tertentu, ternyata dapat membawa dampak buruk bagi diri kita. Misalnya saja pada hubungan sosial, selalu berpikir negatif dapat mengakibatkan seseorang akan sulit untuk berinteraksi dengan orang lain, dan juga memunculkan pesimisme terhadap keadaan atau situasi tertentu. Selain itu, berdasarkan informasi yang dikutip dari BoldSky, diketahui pula bahwa memiliki kecenderungan berpikir negatif, bisa pula mengakibatkan dampak buruk pula pada kesehatan.

Pendapat tersebut didasari pada beberapa hasil penelitian yang membuktikan bahwa seseorang yang 'memelihara' pikiran negatif, dapat menjadi salah satu alasan terjadinya gangguan kesehatan. Berkaitan dengan informasi tersebut, maka masih dari sumber yang sama, disebutkan setidaknya tiga dampak buruk berpikir negatif bagi kesehatan seseorang. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Hipertensi
Salah satu dampak buruk berpikir negatif bagi kesehatan seseorang adalah risiko menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena kecenderungan berpikir negatif dapat memengaruhi emosi, dimana keadaan ini akan menjadi pemicu terjadinya stres. Akibatnya, denyut jantung menjadi tidak teratur, dan pada gilirannya berujung pada gangguan hipertensi.

2. Gangguan Pencernaan
Masih dalam keterkaitan berpikir negatif sebagai pemicu terjadinya stres, maka dampak buruk yang akan ditimbulkan lainnya adalah gangguan pada pencernaan. Patut diketahui pula, bahwa stres dapat pula menjadi salah satu alasan utama produksi asam berlebih di lambung akibat dari ketidakseimbangan kimiawi otak.

3. Gangguan Berat Badan
Kecenderungan berpikir negatif, biasanya akan berdampak pula dengan pola makan seseorang. Tak jarang didapati seseorang dengan gangguan berat badan dan masalah gangguan makan, seperti anorexia dan obesitas disebabkan oleh masalah pada pola pikir, yang cenderung negatif pula.

Baca Juga: Lima Efek Negatif Kurang Tidur Bagi Kesehatan Remaja

Nah, demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan, tentang tiga dampak buruk berpikir negatif bagi kesehatan seseorang. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna, bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top