Advertisement
Bukan Hanya Jantung, Ternyata Kolesterol Jahat Juga Mampu Memengaruhi Kerja Otak - Tahukah Anda bila ternyata kadar kolesterol di dalam darah, khususnya jenis kolesterol jahat alias Low Density Lipoprotein (LDL), bukan hanya berpengaruh terhadap kinerja jantung, karena berdasarkan hasil penelitian terbaru, diketahui bahwa kolesterol jahat juga memiliki pengaruh besar bagi kerja otak manusia.
Bukan Hanya Jantung, Ternyata Kolesterol Jahat Juga Mampu Memengaruhi Kerja Otak
Kolesterol Jahat Juga Mampu Memengaruhi Kerja Otak
Berdasarkan informasi yang dikutip dari Time, para ilmuwan Leiden University Medical Center di Belanda, berhasil membuktikan bagaimana pengaruh kadar kolesterol jahat terhadap kerja otak, khususnya pada fungsi kognitif, seperti tingkat perhatian, pemrosesan informasi, dan kemampuan memori.

Studi ilmiah yang juga telah dipublikasikan pada Circulation, yaitu jurnal ilmiah yang membahas tentang berbagai hasil penelitian di bidang kesehatan, diikuti oleh lebih dari 500 partisipan berusia lanjut (lansia), dimana sebagian diantaranya terdaftar mengonsumsi jenis obat tertentu yang berfungsi untuk menurunkan kadar LDL (Low Density Lipoprotein), dalam kurun waktu lebih dari tiga bulan, sementara peserta penelitian lainnya diketahui tidak sedang menjalani masa pengobatan. Hasil analisis dan perbandingan pada penelitian yang dilakukan selama dua setengah tahun tersebut, mengungkapkan sebuah fakta baru dimana peserta penelitian yang memiliki tingkat variasi kadar LDL (Low Density Lipoprotein) yang tinggi memiliki skor terendah dalam tes kognitif, misalnya saja pada tes warna, dimana mereka membutuhkan waktu lebih lama untuk menyebutkan jenis warna yang benar.

Dipaparkan oleh pemimpin penelitian, Dr. Roelof Smit bahwa temuan ini merupakan bukti tambahan tentang keterkaitan antara fungsi vaskular dengan fungsi neurokognitif. Selain itu, pada penelitian berbeda, yang dilakukan kepada hewan, diketahui bahwa fluktuasi LDL (Low Density Lipoprotein) dapat menyebabkan munculnya plak yang tidak stabil pada jantung dan otak, dan pada gilirannya mengakibatkan kontribusi yang besar terhadap risiko serangan jantung atau pun stroke.

Demikianlah informasi tentang hasil pembuktian secara ilmiah, terkait dengan dampak kolesterol jahat, LDL (Low Density Lipoprotein), terhadap kerja otak. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Terima kasih infonya, lagi berusaha keras buat nurunin kolesterol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama :) Semoga diberikan kesehatan terus, dan dimudahkan urusan menurunkan kolesterolnya mbak (o)

      Delete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top