Advertisement
Ternyata Kebisingan Dapat Berdampak Buruk Bagi Kemampuan Belajar Balita - Apakah Anda memiliki anak balita? Bila ya, disarankan kepada Anda untuk menjauhkan mereka dari suasana rumah dan lingkungan yang berisik. Bukan tanpa alasan, karena menurut para ilmuwan, suasana bising atau berisik dapat berdampak buruk bagi kemampuan belajar balita Anda, khususnya dalam hal mengenal dan mempelajari kata-kata baru.
Ternyata Kebisingan Dapat Berdampak Buruk Bagi Kemampuan Belajar Balita
Kebisingan Dapat Berdampak Buruk Bagi Kemampuan Belajar Balita
Berdasarkan informasi yang dikutip dari LiveScience, dikabarkan bahwa para ilmuwan di University of Wisconsin-Madison, AS, melalui hasil penelitian pada beberapa anak berusia 22 hingga 30 bulan di dalam ruangan dengan latar belakang suara yang bising, membuat mereka tidak dapat mempelajari kata-kata baru yang diperkenalkan oleh para ilmuwan. Tentunya masalah tersebut juga akan memengaruhi kemampuan belajar anak.

Pada penelitian ini, para ilmuwan mencoba mengamati dan membandingkan seberapa besar pengaruh dua suasana ruangan yang berbeda (ruangan dengan suara latar belakang bising dan suasana ruangan yang lebih tenang) terhadap kemampuan belajar balita pada kata-kata baru yang diperlihatkan oleh para peneliti melalui media gambar. Hasilnya, anak balita dalam suasana ruangan yang lebih tenang menunjukkan rasa antusias yang tinggi dan lebih sering memperhatikan gambar yang ditunjukkan. Bertolak belakang dengan hasil yang diperlihatkan pada uji coba di suasana ruangan yang lebih tenang, anak balita dalam ruangan dengan latar belakang bising menunjukkan hal sebaliknya.


Diketahui bersama bahwa rumah modern dipenuhi dengan sumber kebisingan, baik televisi, radio, hingga suara lalu lalang kendaraan. Berhubungan dengan keadaan itu, Brianna McMillan, selaku mahasiswa University of Wisconsin-Madison dan juga penulis hasil penelitian unik tersebut, menyebutkan bahwa hal ini secara signifikan memengaruhi kemampuan belajar anak di usia dini.

Dari hasil penelitian yang juga telah dipublikasikan pada jurnal ilmiah, Child Development, tersebut dapat menunjukkan pada kita bahwa suasana lingkungan yang bising dapat berdampak buruk bagi kemampuan belajar anak balita. Oleh sebab itu, disarankan bagi Anda yang memiliki anak balita untuk menciptakan suasana yang lebih tenang di rumah.

Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top