Advertisement
Google Mudahkan Penggunanya Untuk Gunakan Verifikasi Dua Langkah (2-Step Verification), Begini Cara Melakukannya - Apakah Anda memiliki akun Google? Bila ya, maka informasi kali ini sangatlah perlu untuk Anda perhatikan demi keamanan akun Google Anda. Bagaimana tidak, diketahui bahwa kini perkembangan kejahatan pembobolan atau pencurian akun, khususnya akun Google makin meningkat, untuk mengatasinya maka pihak Google telah mengumumkan melalui halaman resmi mereka, tentang cara baru untuk mengatur verifikasi dua langkah (2-Step Verification) agar lebih mudah digunakan.
Google Mudahkan Penggunanya Untuk Gunakan Verifikasi Dua Langkah (2-Step Verification) Begini Cara Melakukannya
Google Mudahkan Penggunanya Untuk Gunakan Verifikasi Dua Langkah (2-Step Verification)
Begini Cara Melakukannya
Sebelum membahas lebih jauh tentang cara baru pengaturan verifikasi dua langkah tersebut, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu verifikasi dua langkah (2-Step Verification). Perlu dipahami oleh pembaca Net-Guard sekalian bahwa verifikasi dua langkah (2-Step Verification) adalah teknik pengamanan akun dengan menggunakan dua langkah verifikasi, saat akan masuk (login) dengan memasukkan kode tertentu, yang dikirimkan oleh Google melalui ponsel, setelah sebelumnya terlebih dahulu  mengisi username dan password yang wajib untuk dimasukkan. Tujuan dari penggunaan verifikasi dua langkah (2-Step Verification), tentu saja membuat akun lebih aman dari tangan-tangan pencuri atau penjahat yang ingin mengambil alih akun Google kita.

Nah, bila sebelumnya metode verifikasi dua langkah (2-Step Verification) terasa sedikit merepotkan, maka berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman resmi Google, maka kini pengguna akun Google akan makin mudah untuk menggunakan verifikasi dua langkah (2-Step Verification), dimana proses verifikasi makin cepat tanpa harus mengetikkan kembali kode khusus yang dikirim melalui ponsel, yaitu dengan hanya mengakses (menekan) sebuah tombol yang akan muncul pada ponsel seusai Anda memasukkan username dan password pada halaman login akun Google.

Lantas, bagaimana cara mengubah proses verifikasi dua langkah (2-Step Verification) yang lebih mudah tersebut? Berikut adalah penjelasan tentang hal-hal yang perlu Anda lakukan.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengaktifkan terlebih dahulu verifikasi dua langkah (2-Step Verification) pada akun Google Anda, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Buka halaman My Account Google dan masuk menggunakan akun Google Anda.
  • Setelah masuk, pilih pengaturan "Signing in to Google"
  • Sesaat setelah itu, pilih pengaturan "2-Step Verification" dimana selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan kembali password akun Anda.
  • Nah, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengisikan nomor telepon yang Anda gunakan pada ponsel untuk proses otentifikasi, dimana terdapat dua pilihan otentifikasi yaitu melalui pesan singkat atau telepon. Ikuti langkah otentifikasi tersebut hingga selesai.
  • Langkah terakhir yaitu mengaktifkan verifikasi dua langkah (2-Step Verification) dengan mengakses (menekan) tombol pengaktifkan fitur tersebut.
Setelah mengaktifkan verifikasi dua langkah (2-Step Verification), maka selanjutnya Anda perlu mengaktifkan fitur Google Prompt, agar proses verifikasi menjadi lebih mudah. Berikut penjelasan langkah pengaktifan fitur Google Prompt.
  • Masuk kembali ke halaman pengaturan "2-Step Verification." Selanjutnya pada halaman tersebut Anda akan menemukan pengaturan pengaktifan fitur Google Prompt, yang terletak pada bagian bawah pengaturan "Backup codes."
  • Setelah itu Anda akan diminta untuk memilih jenis ponsel yang digunakan. Perlu diperhatikan bila Anda menggunakan ponsel iPhone, maka Anda perlu mengunduh (download) terlebih dahulu aplikasi Google Search. Namun, bila Anda menggunakan ponsel Android, maka hal yang perlu dilakukan adalah memperbarui terlebih dahulu aplikasi Google Play Service.
  • Jika pengaturan telah dilakukan dengan benar, maka Anda akan menerima pemberitahuan pada ponsel Anda untuk mengaktifkan Google prompt. Lakukan perintah pengaktifkan hingga selesai.
Nah, bila semua langkah-langkah yang telah dijelaskan telah diikuti dengan benar, maka kini setiap kali Anda masuk (login) ke akun Google Anda, maka akan muncul verifikasi dua langkah (2-Step Verification) yang lebih mudah dengan hanya mengakses (menekan) sebuah tombol saja, tanpa harus memasukkan kode khusus seperti sebelumnya.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top