Advertisement
Mengungkap Rahasia Perbedaan Antara Prosesor 32-bit dan 64-bit Pada Ponsel Android - Apakah Anda pengguna ponsel Android? Bila ya, tahukah Anda jenis prosesor yang tertanam di dalamnya, 32-bit ataukah 64-bit? Mungkin tak banyak pengguna ponsel Android yang menyadari bahwa prosesor pada ponsel Android  saat ini telah berkembang seperti layaknya komputer, dimana jenis prosesor yang ditanamkan oleh produsen ponsel Android terbagi menjadi dua, yaitu 32-bit dan 64-bit.
Mengungkap Rahasia Perbedaan Antara Prosesor 32-bit dan 64-bit Pada Ponsel Android
Mengungkap Rahasia Perbedaan Antara Prosesor 32-bit dan 64-bit
Pada Ponsel Android
Tentu saja, kedua jenis perangkat tersebut memiliki perbedaan saat bekerja untuk mendukung kinerja ponsel Android, khususnya dalam hal performa ponsel ketika menjalankan segala fitur dan aplikasi yang terpasang di dalamnya. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, maka akan sangat penting artinya bagi Anda pengguna atau pun yang berniat menggunakan ponsel Android untuk mengetahui apa saja rahasia perbedaan antara prosesor 32-bit dan 64-bit yang tertanam dalam ponsel berbasis Android.

Perbedaan Antara Prosesor 32-bit dan 64-bit Pada Ponsel Android
Hal mendasar yang menjadi perbedaan pada prosesor 32-bit dan 64-bit terletak pada kecepatan. Secara sederhana, prosesor 64-bit memungkinkan lebih banyak bit (binary digit) mengalir pada satu waktu tertentu dibandingkan dengan prosesor 32-bit, sehingga transfer data dari prosesor ke komponen lainnya seperti RAM menjadi lebih cepat.

Namun, perlu diketahui bahwa pengaruh kecepatan pada prosesor 32-bit dan 64-bit sangat dipengaruhi pula oleh sistem operasi Android yang terpasang pada ponsel. Misalnya saja, ponsel menggunakan jenis sistem operasi khusus 32-bit, sementara prosesor yang digunakan adalah 64-bit, maka hanya setengah kemampuan prosesor yang hanya dapat bekerja, dan hal ini akan membuat terjadinya pemborosan daya.

Selain itu, bila ponsel Android menggunakan prosesor 32-bit, maka umumnya ukuran RAM maksimum yang dapat bekerja pada ponsel hanya mencapai 3GB, dan seandainya Anda RAM pada ponsel diganti dengan kapasitas yang lebih besar, maka tetap saja kerja ukuran RAM yang terdeteksi dan digunakan hanya 3GB. Sementara pada prosesor 64-bit sejatinya bisa mendukung RAM dengan besaran 128GB untuk komputer, namun pada ponsel umumnya RAM yang tersedia dipasaran dan digunakan hanya mencapai 4GB.

Nah, setelah mengetahui perbedaan dari prosesor 32-bit dan 64-bit pada ponsel Android, maka hal yang perlu Anda ketahui adalah cara mengetahui jenis prosesor apa yang tertanam pada ponsel Android Anda, apakah 32-bit atau 64-bit. Bagaimana caranya? berikut hal yang dapat Anda lakukan.

Cara Mengetahui Jenis Prosesor yang Tertanam Pada Ponsel Android
Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui jenis prosesor yang tertanam pada ponsel Android kita, salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi yang bernama AnTuTu Benchmark.
Cara Mengetahui Jenis Prosesor yang Tertanam Pada Ponsel Android
Cara Mengetahui Jenis Prosesor yang Tertanam
Pada Ponsel Android
Setelah memasang aplikasi tersebut, yang perlu dilakukan adalah buka aplikasi dan pilih pada bagian "Info", selanjutnya perhatikan informasi yang menjelaskan tentang jenis prosesor pada bagian bertuliskan "Android." Selain cara tersebut, Anda juga dapat mengetahui jenis prosesor yang tertanam pada ponsel Android dengan aplikasi tambahan lainnya, seperti CPU-Z.

Nah, demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan tentang rahasia perbedaan antara prosesor 32-bit dan 64-bit pada ponsel Android. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top