Advertisement
Membaca Melalui Layar Komputer Dan Gadget Ternyata Dapat Mengubah Cara Kerja Otak - Perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini, mampu mengubah kebiasaan seseorang dalam mengakses informasi. Bila dulu, orang mencari informasi terbaru dengan membaca berita melalui koran, maka kini banyak orang yang cenderung lebih suka untuk membaca berita melalui website melalui layar komputer atau pun gadget, tentunya didukung dengan layanan internet pula.
Membaca Melalui Layar Komputer Dan Gadget Ternyata Dapat Mengubah Cara Kerja Otak
Membaca Melalui Layar Komputer Dan Gadget
Dapat Mengubah Cara Kerja Otak
Berkaitan dengan kebiasaan membaca melalui layar komputer dan gadget (smartphone atau tablet), maka terdapat sebuah fakta yang menyebutkan bahwa kebiasaan membaca melalui layar komputer dan gadget, ternyata dapat memengaruhi dan mengubah cara kerja otak dalam memahami isi pesan yang dibaca.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari The Telegraph, disebutkan bahwa para ilmuwan di Dartmouth College, Amerika Serikat berhasil mengungkap fakta, dimana membaca melalui komputer dan gadget dapat membuat seseorang kesulitan atau bahkan tidak dapat memahami makna isi bacaan yang mereka baca, dimana otak akan lebih terfokus pada pada detail yang ditampilkan pada layar, dibandingkan mencerna makna dari isi bacaan. Para ilmuwan juga mendapati bahwa mereka yang kerap mengisi formulir, membaca tulisan (cerita) pendek, atau artikel tertentu melalui layar komputer dan gadget lebih cenderung hanya memahami fakta dasar dari apa yang dibaca, namun akan lebih sering gagal untuk memproses pemahaman terkait makna informasi ke tingkatan yang lebih spesifik atau memahami ide-ide abstrak dibalik materi yang dibaca.

Temuan tersebut didasari pada hasil penelitian yang membandingkan kemampuan menafsirkan materi terhadap beberapa partisipan, dimana mereka diminta menyelesaikan serangkaian tugas dengan menggunakan layar komputer dan juga di atas kertas, diantaranya adalah mengisi formulir, membaca cerita pendek dan membandingkan beberapa model mobil yang berbeda. Hasilnya cukup mengejutkan, para peneliti menemukan bahwa mereka melakukan tugas dengan kertas ternyata lebih mampu menafsirkan makna dari materi yang ditugaskan, sedangkan mereka yang mengerjakan tugas menggunakan komputer lebih cenderung untuk mengenali detail materi tertentu.

Nah, bagaimana dengan sahabat SpesialTips! sekalian? Apakah Anda juga mengalami kesulitan memaknai ide dari informasi yang disampaikan kali ini? Semoga tidak ya. Demikianlah fakta unik yang dapat SpesialTips! bagikan, tentang dampak kebiasaan membaca melalui layar komputer dan gadget. Semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top