Advertisement
Empat Fakta Penting Tentang Kebiasaan BAB (Buang Air Besar) yang Perlu Anda Ketahui - Tak banyak informasi yang bisa didapatkan bila membahas tentang BAB (Buang Air Besar), dianggap sebagai hal 'jorok', menjadikan kebiasaan BAB justru dihindari untuk dibahas lebih jauh, padahal dibalik itu kebiasaan buang air besar seseorang, justru merupakan salah satu panduan penting oleh para ahli kesehatan, guna mengidentifikasi masalah kesehatan seseorang.
Empat Fakta Penting Tentang Kebiasaan BAB (Buang Air Besar) yang Perlu Anda Ketahui
Empat Fakta Penting
Tentang Kebiasaan Buang Air Besar  yang Perlu Anda Ketahui
Adapun beberapa pandangan umum yang menganggap beberapa kebiasaan melakukan BAB (Buang Air Besar) yang benar selama ini ternyata masih tak memiliki dasar ilmiah yang kuat, bahkan beberapa diantaranya justru termasuk dalam mitos. Nah, berkaitan dengan masalah tersebut, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang beberapa fakta penting tentang kebiasaan BAB (Buang Air Besar) yang perlu untuk diketahui oleh sahabat pembaca sekalian.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari prevention.com, terdapat empat fakta penting yang dapat kita ketahui, dengan latar belakang beberapa variabel, seperti seberapa sering seseorang BAB, berapa lama waktu yang dihabiskan saat BAB, bagaimana cara BAB (jongkok/duduk), hingga pengaruh makanan/minuman yang dikonsumsi terhadap kebiasaan BAB. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan selengkapnya.

1. BAB (Buang Air Besar) yang Sehat Tidak Harus Satu Kali Sehari
Berkaitan dengan seberapa sering seharusnya seseorang BAB selama sehari, banyak pendapat yang menyatakan bahwa BAB yang sehat itu seharusnya satu kali sehari. Namun, tahukah Anda bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya benar, faktanya berdasarkan pendapat ahli ahli gastroenterologi ternama, Dr.Felice Schnoll-Sussman dan juga selaku direktur Jay Monahan Center for Gastrointestinal Health, New York, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa rata-rata orang melakukan BAB sebanyak satu kali sehari, namun lebih dari itu, seperti 2-3 kali sehari juga baik bagi seseorang.

2. BAB (Buang Air Besar) Sesudah Makan Tak Berarti Anda Sedang Dalam Masalah
Baru saja makan, tiba-tiba ingin BAB? Apakah Anda memiliki kebiasaan serupa? Bila ya, Anda tak perlu terlalu khawatir, karena kebiasaan tersebut tak selamanya diartikan sebagai masalah pencernaan. Faktanya kebiasaan BAB sesudah makan, merupakan refleks pada pencernaan, dimana sebagian orang memiliki refleks pencernaan seperti ini. Selain itu, bukan berarti makanan yang baru saja masuk langsung dikeluarkan.

3. Kopi Merangsang BAB (Buang Air Besar)
Usai minum kopi tiba-tiba merasa ingin BAB? Ya, benar kopi dapat merangsang BAB, hal ini dikarenakan kafein pada kopi merangsang kontraksi pada usus, dimana keadaan tersebut pada gilirannya akan mendorong kotoran untuk keluar.

4. BAB (Buang Air Besar) Dengan Cara Jongkok Lebih Baik Dibanding Duduk
Walaupun tidak salah melakukan BAB dengan cara duduk, namun melakukannya dengan cara jongkok jauh lebih baik. Berdasarkan berbagai macam hasil penelitian, melakukan BAB dengan cara jongkok memiliki banyak manfaat, seperti BAB lebih lancar, menurunkan risiko sembelit dan wasir, dan dapat pula meningkatkan kesehatan usus besar, otot panggul dan kontrol kandung kemih menjadi lebih baik, serta mengurangi ketegangan dan proses BAB menjadi lebih cepat.

Nah, demikianlah informasi dari SpesialTips! tentang empat fakta penting BAB (Buang Air Besar) yang perlu untuk Anda ketahui. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top