Advertisement
Empat Jenis Obat Yang Sebaiknya Tidak Dikombikasikan Dengan Jenis Obat Lainnya  - Minum obat, merupakan salah satu cara untuk menyembuhkan sakit. Namun terkadang sebagai orang awam, kita mengabaikan hal-hal penting yang seharusnya diperhatikan, misalnya saja mengonsumsi obat tertentu tanpa resep dokter karena merasa cocok dengan obat tersebut, atau bahkan mengonsumsi lebih dari satu jenis obat secara bersamaan.
Empat Jenis Obat Yang Sebaiknya Tidak Dikombikasikan Dengan Jenis Obat Lainnya
Hindari Kombinasi Empat Jenis Obat Ini Dengan Obat Lainnya
Entah disadari atau tidak, mengonsumsi obat tanpa petunjuk (resep) dokter saja merupakan tindakan berisiko dan dapat membahayakan kesehatan seseorang, apalagi bila mengombinasikan jenis obat-obatan tertentu tanpa pengetahuan yang jelas. Nah, berkaitan dengan petunjuk mengonsumsi obat, berdasarkan informasi yang dikutip dari prevention.com, diinformasikan bahwa terdapat beberapa jenis obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan. Apa dan bagaimana bahaya kombinasi keempat jenis obat-obatan tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Warfarin
Warfarin merupakan golongan obat antikoagulan yang difungsikan untuk mencegah terjadinya pembekuan darah, contoh penggunaan warfarin biasanya digunakan saat untuk menghindari pembekuan darah sesudah operasi. Adapun beberapa jenis obat serta suplemen yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan warfarin adalah, jenis obat naproxen, aspirin, suplemen yang mengandung omega-3 dan bawang putih, karena sifat obat yang berlawanan.

2. Lisinopril
Lisinopril adalah jenis obat yang digunakan untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi, dan untuk mengatasi penyakit gagal jantung. Nah, ternyata jenis obat ini dapat berbahaya bila dikonsumsi bersamaan dengan suplemen atau pun obat lainnya yang mengandung kalium tinggi, karena peningkatan kadar kalium dalam darah ditambah dengan efek dari Lisinopril dapat berdampak pada kelelahan otot, gangguan pada detak jantung, bahkan dapat mengakibatkan kelumpuhan.

3. Statin
Statin merupakan jenis obat yang berfungsi untuk menurunkan tingkat kolesterol terutama kolesterol jahat. Disebutkan bahwa, jenis obat Statin sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan dengan vitamin B3 serta jenis obat amlodipine, apalagi dalam dosis besar, karena dapat menyebabkan terjadinya gangguan nyeri dan lemah otot, bahkan dapat pula meningkatkan risiko gagal ginjal.

4. Clopidogrel bisulfate
Jenis obat ini memiliki fungsi untuk menghambat pembekuan darah di pembuluh darah sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke yang diakibatkan dari penyumbatan pembuluh darah. Disarankan untuk tidak mengombinasikan jenis obat tersebut dengan aspirin dan naproxen, karena dapat meningkatkan risiko pendarahan internal.

Nah, guna menghindari hal yang tak diinginkan, disarankan untuk selalu meminta petunjuk (resep) dari dokter sebelum mengonsumsi obat yang sesuai untuk Anda, dan yang tak kalah penting adalah mematuhi pula setiap petunjuk yang telah disampaikan oleh dokter, terkait dengan dosis obat yang akan diminum.

Demikianlah, informasi tentang empat jenis obat yang sebaiknya tidak dikombikasikan dengan jenis obat lainnya. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top