Advertisement
Makna Tersembunyi, Dibalik Lima Jenis Senyum Yang Perlu Anda Ketahui - Senyum, siapa yang tak pernah melakukannya? Hampir bisa di pastikan semua orang di dunia pernah tersenyum, sebagai salah satu cara mengekspresikan perasaan mereka, dimana senyum cenderung dilakukan bila seseorang merasa senang atau bahagia.
Makna Tersembunyi, Dibalik Lima Jenis Senyum Yang Perlu Anda Ketahui
Makna Tersembunyi, Dibalik Lima Jenis Senyum Yang Perlu Anda Ketahui
Sebelum membahas lebih jauh tentang jenis senyum dan maknanya, ada baiknya kita pahami dulu apa arti senyum itu sendiri. Berdasarkan wikipedia senyum diartikan sebagai ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau munculnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, atau pula di sekitar mata. Tidak jauh berbeda, di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), senyum berarti sebuah gerak tawa ekspresif yang tidak bersuara untuk menunjukkan rasa senang, gembira, suka, dan sebagainya dengan mengembangkan bibir sedikit.


Dari beberapa pengertian tentang arti senyum di atas,  dapat diketahui bahwa senyum umumnya diidentikkan dengan perasaan senang dan bahagia. Namun, pada kenyataannya, tak jarang senyum yang dimunculkan seseorang, bisa memiliki makna berbeda. Nah, berkaitan dengan makna yang tersembunyi dibalik sebuah senyuman, maka berdasarkan informasi yang dikutip dari jurnal ilmiah para psikolog dunia, Psychology Today,  Ronald E Riggio Ph.D mengungkapkan bahwa terdapat lima jenis senyum dengan makna yang berbeda. Apa saja jenis senyum dan makna yang tersembunyi tersebut? Berikut informasi selengkapnya 

1. Senyum Duchenne (Duchenne Smile)
Senyum jenis ini menggambarkan senyum sejati dari sebuah kebahagiaan. Senyum yang dinamai Duchenne tersebut, merujuk pada nama penemunya, yaitu seorang pakar fisiologi Prancis, Duchenne de Bolougne di abad ke 18, dimana senyum dengan tarikan penuh serta memperlihatkan gigi ini, mampu menggerarakkan otot-otot disekitar mata, tak jarang pula senyum ini disebut dengan senyuman yang berasal dari hati.

2. Senyum Palsu (Fake Smile)
Senyum palsu atau fake smile, merupakan senyum yang umumnya di buat-buat, cenderung dilakukan pada saat seseorang sedang mengambil foto selfie. Senyum jenis ini tidak melibatkan otot mata, seperti halnya pada senyum Duchenne. Selain itu, jenis senyuman ini menunjukkan bahwa orang tersebut sedang berpura-pura merasa senang atau bahagia.

3. Senyum Tidak Nyaman (Uncomfortable Smile)
Ketika orang merasa tidak nyaman, misalnya saja ketika seseorang mengatakan sesuatu yang tidak pantas , maka reaksi senyuman yang dimunculkan dilakukan untuk menutupi perasaan yang sebenarnya tidak nyaman dengan hal yang disampaikan. Senyum jenis ini biasanya juga dilakukan oleh seseorang guna menghindari kesan tidak suka kepada lawan bicara.

4. Senyum Menggoda (Seductive Smile)
Senyum jenis ini, umumnya dilakukan seseorang guna memberikan pesan tersembunyi bahwa ia memiliki rasa ketertarikan terhadap lawan bicaranya. Selain itu senyum menggoda, cenderung disertai dengan gestur memiringkan kepala, dan tatapan secara langsung ke mata lawan bicara dengan lebih lama.

5. Senyum Sinis/Menyindir (Sarcastic Smile)
Senyum jenis ini biasanya dilakukan untuk meremehkan seseorang, tak jarang pula diperlihatkan untuk menunjukkan sikap menantang. Senyum sinis, cenderung ditandai dengan ditariknya salah satu sudut bibir, disertai dengan mengerutnya alis mata, atau dengan pandangan menyamping sembari menyipitkan mata.

Dalam interaksi sosial sehari-hari, sebenarnya masih banyak lagi jenis dan makna senyum yang biasanya diperlihatkan seseorang untuk menunjukkan emosinya pada orang lain. Namun, secara umum senyum sendiri lebih mewakili pesan positif, dibandingkan pada hal-hal yang bersifat negatif.


Nah, demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan tentang lima jenis dan makna senyum. Semoga saja informasi tersebut, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top