Advertisement
Mendengarkan Suara Sendiri Ternyata Bisa Bermanfaat Untuk Perbaiki Mood - Apa yang akan Anda lakukan, saat merasa bete alias bad mood? Marah-marah, main game, atau mungkin melampiaskan keruhnya suasana hati dengan makan sebanyak-banyaknya? Dari beberapa cara tersebut, mungkin akan memberikan dampak negatif, khususnya bagi kesehatan. Berkaitan dengan cara perbaiki mood, tahukah sahabat sekalian, bahwa dengan mendengarkan suara kita sendiri, ternyata dapat menjadi cara sederhana dan efektif untuk memperbaiki suasana hati (mood) yang sedang terganggu.
Mendengarkan Suara Sendiri Ternyata Bisa Bermanfaat Untuk Perbaiki Mood
Mendengarkan Suara Sendiri
Ternyata Bisa Bermanfaat Untuk Perbaiki Mood
Belum percaya? Nah, berdasarkan informasi yang dikutip dari The Independent, dikabarkan bahwa sebuah penelitian di Perancis berhasil mengungkap sebuah fakta unik dimana, mendengarkan suara sendiri, dapat memengaruhi perubahan mood atau emosi seseorang.

Pada penelitian tersebut, beberapa peserta studi diminta untuk membacakan sebuah cerita pendek dengan nada suara yang keras, selanjutnya para ilmuwan merekam dan memperdengarkan kembali suara rekaman tersebut, dengan mengubah nada suara dengan alogaritma khusus, menjadi terdengar lebih bahagia, sedih, dan agak menakutkan. Nah, dari hasil pengamatan terhadap rekaman yang didengar kembali oleh partisipan studi itu, didapati perubahan pada keadaan emosional mereka.

Mengomentari hasil penelitian tersebut, seorang ahli psikologi dari Lund University (Swedia), Petter Johansson, mengatakan bahwa "Hubungan antara ekspresi dan pengalaman emosi telah menjadi topik lama dari perselisihan di bidang psikologi," diungkapkan pula olehnya bahwa hasil penelitian tersebut merupakan bukti pertama yang menjelaskan dampak pengalaman emosional terkait dengan domain pendengaran.

Dijelaskan pula oleh Katsumi Watanabe, seorang psikolog dari University of Tokyo,  teknik ini dapat digunakan sebagai bagian dari terapi, termasuk bagi orang-orang dengan gangguan mood. Selain itu, teknik tersebut juga bisa dihubungkan dengan dampak emosional saat seseorang sedang melakukan pertunjukan vokal, seperti saat bernyanyi karaoke.

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan cara yang telah dijelaskan oleh hasil penelitian di atas? Dari pada marah-marah atau makan hingga melewati batas untuk melampiaskan rasa bete alias mood jelek, lebih baik mendengarkan suara sendiri bukan? Tentunya cara tersebut dapat menjadi solusi yang lebih sehat, dan mudah dilakukan.

Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini. Semoga saja dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top