Advertisement
Mengenali Lima Tanda Anda Sedang Mengalami Emotional Eating - Pernah mengalami keadaan dimana Anda memakan camilan tanpa henti saat sedang menonton pertandingan bola? Atau mungkin keadaan lain, dimana tiba-tiba saja muncul keinginan makan ketika Anda merasa bosan menunggu kedatangan seorang teman yang tak kunjung datang, padahal sebelumnya Anda baru saja menyelesaikan porsi makan siang? Bila ya, maka hampir bisa dipastikan Anda sedang mengalami emotional eating.
Mengenali Lima Tanda Anda Sedang Mengalami Emotional Eating
Mengenali Lima Tanda Anda Sedang Mengalami Emotional Eating
Mungkin Anda akan bertanya-tanya, apa sih emotional eating itu? Nah, pada artikel sebelumnya redaksi SpesialTips! telah menjelaskan secara singkat apa arti, penyebab dan tips untuk mengatasi emotional eating. Sementara pada kesempatan kali ini, SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi yang dikutip dari situs kesehatan mindbodygreen, tentang lima tanda yang menunjukkan bahwa seseorang sedang mengalami emotional eating.

Lima Tanda Emotional Eating


1. Merasa lapar saat merasakan emosi tertentu
Tanda pertama yang umumnya ditunjukkan saat seseorang mengalami emotional eating adalah kerap mudah merasa lapar, khususnya ketika sedang menghadapi keadaan atau merasakan emosi tertentu, misalnya saja saat merasa tegang, marah, sedih atau terlalu bersemangat.

2. Tiba-tiba merasa lapar kembali, padahal Anda baru saja selesai makan
Rasa lapar seharusnya datang secara bertahap, bila porsi makanan yang Anda makan telah dirasa cukup seimbang antara protein dan lemak, namun tiba-tiba saja dalam waktu berdekatan Anda kembali merasakan lapar, maka perilaku ini dapat digolongkan menjadi emotional eating.

3. Kebiasaan memakan makanan terlalu cepat
Apabila Anda termasuk orang dengan kebiasaan menghabiskan makanan terlalu cepat, maka boleh jadi dorongan untuk makan dengan cara demikian disebabkan oleh keadaan emosi, dan bukanlah karena rasa lapar. Dampaknya keadaan ini akan membuat Anda mudah merasakan lapar dengan cepat, dan akan kesulitan menahan keinginan makan saat menghadapi keadaan tertentu.

4. Menganggap makanan sebagai solusi mengalihkan masalah
Kerap memiliki anggapan bahwa makan dapat menjadi solusi untuk mengalihkan perhatian terhadap sebuah masalah, misalnya saja saat merasa cemas atau pun sedih, maka keadaan ini termasuk tanda diri Anda mengalami masalah emotional eating. Bahayanya lagi, keadaan ini dapat dihubungkan pula dengan gangguan makan lain, seperti bulimia. 

5. Kenyang tapi tak bisa menolak keinginan untuk makan-makanan favorit
Dalam keadaan normal, seseorang akan berhenti makan setelah merasakan kenyang, namun pada mereka yang mengalami emotional eating akan mengalami kesulitan untuk menolak keinginan makan sekalipun telah merasa kenyang, khususnya bila berhadapan dengan makanan favoritnya.

Nah, demikianlah informasi tentang lima tanda emotional eating yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Nah, 3, 4, dan 5 itu saya banget! Jadi, apa yang harus dilakukan oleh penderita emotional eating untuk tidak lagi mengalami hal yang sama?

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top