Advertisement
Lima Hal Yang Perlu Dilakukan Agar Tidur Bisa Bantu Turunkan Berat Badan - Mungkin selama ini tak banyak orang yang mengetahui, bila ternyata tidur dapat menjadi salah satu hal yang paling berpengaruh terhadap masalah berat badan. Bukan sekedar rekaan, pasalnya fakta tersebut telah dibuktikan melalui berbagai macam penelitian ilmiah, dimana salah satunya adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Harvard University, yang berhasil mengungkapkan bahwa masalah tidur dapat menjadi pemicu kelebihan ghrelin (hormon yang meningkatkan nafsu makan) yang menjadi penyebab bertambahnya berat badan seseorang, dan berkaitan pula dengan meningkatnya risiko untuk menderita penyakit diabetes.
Lima Hal Yang Perlu Dilakukan Agar Tidur Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Tidur Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Melihat fakta di atas, maka menjaga kualitas tidur, tentu saja bermanfaat pula untuk membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Pertanyaannya, tidur seperti apa yang bisa bermanfaat untuk bantu turunkan berat badan? Nah, guna menjawabnya redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang lima hal yang perlu dilakukan, agar manfaat tidur untuk bantu turunkan berat badan dapat tercapai.

1. Jadwal tidur teratur
Tidur pada jam yang sama setiap malam, atau dengan kata lain jadwal tidur yang teratur akan berpengaruh terhadap ritme sikardian, yang berkaitan erat dengan produksi ghlerin (hormon yang meningkatkan nafsu makan)

2. Jaga durasi tidur malam antara 6.5 hingga 8.5 jam
Disebutkan oleh hasil penelitian di Brigham Young University, mendapati bahwa wanita yang memiliki durasi tidur malam yang teratur selama 6.5 hingga 8.5 jam perhari, akan memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami penimbunan dan bertambahnya lemak.

3. Tidur dengan udara lebih sejuk atau dingin
Tidur malam dengan kondisi suhu ruangan yang lebih sejuk atau dingin, dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam proses metabolisme, seperti membakar lemak lebih baik. Selain itu, keadaan lebih sejuk dan dingin saat tidur malam, akan membantu untuk meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Jangan tidur dalam keadaan terang
Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah American Journal of Epidemiology, disebutkan bahwa wanita yang tidur dalam keadaan gelap di malam hari, memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami kegemukan, dibandingkan mereka yang tidur dalam keadaan terang.

5. Matikan gadget menjelang tidur
Pada perkembangannya gadget semisal ponsel pintar dan tablet, disebut-sebut menjadi salah satu penyebab gangguan tidur, akibat gangguan radiasi cahaya biru dari layar gadget yang memicu terkurasnya kadar melatonin (salah satu senyawa yang membantu tidur) saat menjelang tidur. Disebutkan oleh hasil penelitian ilmuwan di University of Granada, ternyata berkurangnya jumlah melatonin juga dapat berimbas bagi peningkatan berat badan.


Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini. Semoga saja informasi tersebut, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top