Advertisement
Fitur Gamer ID Kini Telah Dapat Dinikmati Pengguna Google Play Games Di Indonesia, Begini Cara Menggunakannya - Pada bulan Februari lalu, Google secara resmi telah merilis sebuah fitur unik bagi para pengguna aplikasi Google Play Games, bertajuk Gamer ID. Berkaitan dengan kemunculan fitur Gamer ID di Google Play Games tersebut, maka berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan oleh redaksi SpesialTips! ternyata kini fitur unik tersebut, telah dapat dinikmati oleh para pengguna aplikasi Google Play Games di Indonesia.
Fitur Gamer ID Kini Telah Dapat Dinikmati Pengguna Google Play Games Di Indonesia, Begini Cara Menggunakannya
Fitur Gamer ID Pada Aplikasi Google Play Games
Sebelum membahas tentang cara penggunaan fitur baru Google Play Games tersebut, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu fungsi (kegunaan) dari fitur Gamer ID ini. Disebutkan pada halaman resmi Android, fungsi utama fitur baru Gamer ID adalah, memberikan kemampuan bagi pengguna aplikasi Google Play Games untuk melakukan variasi perubahan nama, serta kemampuan untuk mengganti foto profil pengguna Google Play Games, dengan lebih dari 40 pilihan gambar avatar gamer, sebagai identitas pemilik akun Google Play Games. Telah diketahui bersama bahwa sebelumnya, Google Play Games hanya dapat menampilkan nama dan foto berdasarkan akun Google saja.

Nah, setelah memahami fungsinya, maka selanjutnya redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang cara menggunakan fitur Gamer ID. Sebagai catatan penting, agar dapat menggunakan fitur baru Gamer ID tersebut, disarankan untuk melakukan terlebih dulu pembaruan (update) aplikasi Google Play Games pada smartphone Anda. Berikut langkah yang perlu dilakukan untuk menggunakan fitur Gamer ID.

Cara Menggunakan Fitur Gamer ID Pada Aplikasi Google Play Games


  • Langkah awal seusai melakukan pembaruan (update) aplikasi, adalah membuka aplikasi Google Play Games, dimana akan secara otomatis muncul pemberitahuan yang meminta Anda untuk membuat Gamer ID, lalu Anda hanya perlu untuk mengikuti perintah bertuliskan next, pada pemberitahuan tersebut.
  • Selanjutnya, akan muncul sebuah permintaan pendaftaran yang meminta Anda untuk menuliskan nama profil akun Google Play Games yang diinginkan, serta mengaktifkan dua kotak permintaan ijin bagi pengguna lain untuk mengetahui profil Gamer ID yang akan dibuat dan permintaan ijin bagi pengguna lain untuk melihat aktivitas permainan (game) yang Anda mainkan, dimana pengaturan ini nantinya dapat diubah sesuai dengan keinginan Anda, setelah fitur tersebut berhasil di aktifkan. Perlu diperhatikan pula pada pembuatan nama profil, Anda hanya dapat membuat nama profil dengan huruf dan angka sebanyak 20 karakter.
  • Untuk mengubah gambar avatar gamer, Anda hanya perlu menekan pilihan yang ditandai dengan gambar pensil  , maka akan muncul beberapa pilihan gambar yang Anda sukai untuk dijadikan foto profil akun Google Play Games.
  • Setelah langkah mengisi nama profil, memilih gambar avatar gamer dan pengaktifan permintaan ijin, maka Anda dapat mulai mengaktifkan fitur Gamer ID dengan melakukan tap pada tulisan sign in di bagian pojok kanan bawah pada halaman permintaan pendaftaran tersebut.
  • Langkah terakhir untuk mengaktifkan fitur Gamer ID, Anda hanya perlu menunggu hingga proses pendaftaran tersebut selesai yang ditandai dengan pemberitahuan bahwa Gamer ID Anda telah aktif. Untuk jelasnya, perhatikan penjelasan gambar berikut ini.

Fitur Gamer ID Kini Telah Dapat Dinikmati Pengguna Google Play Games Di Indonesia, Begini Cara Menggunakannya
Cara Menggunakan Fitur Gamer ID 
Pada Aplikasi Google Play Games
Bila sewaktu-waktu Anda ingin mengubah nama profil dan gambar avatar Gamer, hal yang perlu Anda lakukan hanya dengan menekan pengaturan Gamer ID, yaitu melakukan tap pada tanda gambar pensil, dengan langkah-langkah yang sama seperti saat pendaftaran di atas.


Demikianlah informasi tentang fitur baru Gamer ID pada aplikasi Google Play Games, yang dapat SpesialTips! bagikan. semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. bagaimana mengembalikan id playgame terhapus

    ReplyDelete
  2. Asal akun google yang digunakan untuk masuk ke playstore tidak diubah, masih bisa koq untuk buat id playgame yg sama :)

    ReplyDelete
  3. misi gan,,numpang tanya,,,kalau id play game terhapus,sedangkan saya lupa id saya tersebut,gimana caranya agar bisa terhubung kembali ya gan?,,mohon solusinya gan,,,makasih!!

    ReplyDelete
  4. min gimana cara mengembalikan id playgame yang terhapu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok setelah banyak pertanyaan yang sama, saya coba mencari informasi dari bantuan resmi Google. Perlu diketahui bila mas Andrian Wijaya dengan sengaja menghapus (delete profil) gamer id, maka tak ada cara lain selain membuat gamer id baru, karena data yang disimpan juga ikut terhapus.

      Delete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top