Advertisement
Empat Alasan Mengapa Pria Lebih Mudah Menurunkan Berat Badan Dibanding Wanita - Pernah melihat beberapa pria yang sebelumnya memiliki masalah berat badan berlebih, lalu pada bulan berikutnya tiba-tiba terlihat lebih ramping? Sementara, banyak sekali para wanita yang hampir menghabiskan waktu berbulan-bulan, bahkan tahunan kesulitan menurunkan berat badan, padahal usaha yang dilakukan dirasa telah maksimal. Lantas, apa iya pria lebih mudah menurunkan berat badan dibanding wanita?
Empat Alasan Mengapa Pria Lebih Mudah Menurunkan Berat Badan Dibanding Wanita
Pria Lebih Mudah Menurunkan Berat Badan Dibanding Wanita
Menjawab pertanyaan di atas, maka berdasarkan informasi yang dikutip dari prevention.com, ternyata terdapat beberapa hasil penelitian yang menjelaskan alasan mengapa pria lebih mudah dan cepat dalam urusan menurunkan berat badan dibanding para wanita. Apa dan bagaimana penjelasannya? Berikut informasi selengkapnya.

Empat Alasan Mengapa Pria Lebih Mudah Menurunkan Berat Badan Dibanding Wanita


1. Pria memiliki lebih hormon testosteron
Alasan utama mengapa pria lebih mudah menurunkan berat badan dikarenakan jumlah hormon testosteron, lebih banyak daripada wanita, hingga mencapai 10 kali lipat. Keadaan ini memengaruhi proses metabolisme pada tubuh pria menjadi 5 sampai 10 persen lebih cepat. Dijelaskan oleh ahli kesehatan, Chris Jordan, MS, CSCS, testosteron bekerja meningkatkan sintesis protein dan memengaruhi massa tubuh, yang kemudian akan berdampak pada peningkatan metabolisme, dimana pada pria hal ini dapat diartikan tubuh mereka akan bekerja membakar kalori sepanjang hari.

2. Pengaruh hormon estrogen pada wanita
Berdasarkan temuan para ahli di University of New South Wales, disebutkan bahwa jumlah hormon estrogen yang tinggi pada wanita, ternyata memberikan dampak tertentu, yaitu mengurangi kemampuan pada tubuh wanita untuk membakar energi setelah makan, dan tentu saja hal ini memengaruhi kemampuan wanita untuk menurunkan berat badan.

3. Pria lebih baik saat menghadapi masalah emotional eating
Secara umum, emotional eating dapat diartikan juga sebagai hasrat atau dorongan makan yang berlebihan. Nah, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Brookhaven National Laboratory, New York, menyimpulkan bahwa memiliki kemampuan lebih baik untuk menahan emotional eating, terhadap makanan favorit, dibandingkan wanita yang lebih mudah "menyerah" bila berhadapan dengan keadaan serupa. Selain itu, temuan dari penelitian lainnya mengungkapkan bahwa, wanita lebih berpotensi untuk merespon stres yang dihadapi dengan makan.

4. Tubuh pria merespon diet lebih cepat
Berkaitan dengan proses metabolisme yang lebih cepat pada tubuh pria, ternyata hal ini juga berpengaruh pula untuk merespon diet yang dilakukan. Berdasarkan sebuah hasil studi yang dipublikasikan pada British Journal of Nutrition, setelah membandingkan antara beberapa pria dan wanita yang mengikuti program diet, didapati bahwa para pria berhasil menurunkan dua kali lebih banyak berat badan, serta tiga kali lebih banyak menghilangkan lemak tubuh, dibanding wanita dalam jangka waktu 2 bulan.

Nah, demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini, tentang empat alasan yang menjelaskan mengapa pria lebih mudah menurunkan berat badan dibanding wanita. Semoga, informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top