Advertisement
Diantara Lima Tipe Kepribadian Ini, Anda Termasuk Yang Mana? - Apakah Anda termasuk orang dengan tipe kepribadian yang ramah dan terbuka? Atau mungkin Anda merasa bahwa tipe kepribadian yang dimiliki lebih kepada jenis orang yang selalu berhati-hati dan teliti? Mungkin secara pribadi akan sulit bagi kita untuk mengidentifikasi tipe kepribadian apa yang kita miliki, pasalnya untuk melakukan hal tersebut, diperlukan pengetahuan dan rujukan mengenai dasar ilmiah tipe kepribadian manusia.
Diantara Lima Tipe Kepribadian Ini, Anda Termasuk Yang Mana?
Diantara Lima Tipe Kepribadian Ini, Anda Termasuk Yang Mana?
Sebelum membahas lebih jauh tentang tipe kepribadian yang kita miliki, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa sih arti kepribadian itu sendiri, dan faktor apa saja yang menentukan kepribadian seseorang. Dikutip dari wikipedia, kepribadian diartikan sebagai keseluruhan cara seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Selanjutnya kepribadian seseorang sangat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor keturunan (genetik) dan faktor lingkungan.

Nah, kembali ke pokok pembahasan terkait dengan identifikasi tipe kepribadian yang kita miliki, maka berdasarkan klasifikasi yang dirumuskan oleh Robert McCrae tentang lima dimensi dasar tipe kepribadian atau yang dikenal dengan istilah The Five-Factor Model, kita dapat mengidentifikasi seperti apa kira-kira tipe (model) yang sesuai atau setidaknya mendekati tipe kepribadian yang kita miliki. Lalu, apa dan bagaimana tipe kepribadian yang juga paling sering digunakan oleh para ahli untuk mengidentifikasi kepribadian seseorang tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Conscientiousness
Tipe kepribadian ini umumnya menggambarkan seseorang yang penuh dengan perhitungan dalam setiap tindakannya, dengan perencanaan yang matang untuk mencapai tujuan. Selain itu, orang-orang dengan tipe kepribadian ini, cenderung menjauhi kegiatan atau hal-hal yang berbau multitasking, serta lebih terfokus pada satu tujuan.

2. Agreeableness 
Tipe kepribadian seperti ini, mencirikan karakteristik seseorang yang mudah ramah terhadap orang lain dan juga termasuk mereka yang selalu berusaha menyenangkan orang di sekitarnya. Bukan itu saja, mereka dengan tipe kepribadian seperti ini, juga tergolong orang yang bisa dipercaya.

3. Extraversion
Orang-orang dengan tipe kepribadian extraversion merupakan orang cenderung memiliki karakter yang lebih terbuka dan kemampuan bersosialisasi yang impulsif. Selain itu, mereka cenderung untuk menyukai keramaian, dan juga lebih mudah untuk menyesuaikan diri.

4. Neuroticism
Pemilik tipe kepribadian seperti ini, umumnya memiliki kecenderungan bereaksi negatif terhadap situasi tertentu dan secara emosional lebih labil, misalnya saja lebih mudah merasa cemas, marah atau sedih, bila dibandingkan dengan pemilik tipe kepribadian lainnya.

5. Openness
Orang-orang dengan tipe kepribadian ini, biasanya memiliki minat yang tinggi untuk belajar tentang hal-hal baru.  Bukan itu saja, pemilik tipe kepribadian ini juga termasuk orang-orang yang kreatif dan imajinatif, serta menyukai hal-hal spontan.

Nah, berdasarkan penjelasan kelima tipe kepribadian di atas, kira-kira tipe kepribadian manakah yang sesuai dengan diri Anda?


Demikianlah informasi singkat yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna bagi para pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Kayaknya aku yang agreeableness nih... atau openesse ya? Hmmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak kesuma mungkin lebih cocok ke tipe kepribadian "kampretness" ?? :) hahaha...

      Delete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top