Advertisement
Cegah Penuaan Dini, Hindari Empat Jenis Makanan Ini - Tahukah sahabat sekalian apa sih penyebab terjadinya penuaan dini pada kulit seseorang? Mungkin kebanyakan diantara kita akan menjawab, polusi dan paparan sinar matahari sebagai biang keladi terjadinya keadaan yang paling dihindari oleh kebanyakan kaum hawa tersebut. Namun, pernahkah terpikirkan bila ternyata penuaan dini, seperti munculnya garis di sekitar mata, dan juga berkurangnya elastisitas kulit atau keriput, justru disebabkan oleh jenis makanan tertentu yang kita konsumsi sehari-hari.
Cegah Penuaan Dini, Hindari Empat Jenis Makanan Ini
Cegah Penuaan Dini, Hindari Empat Jenis Makanan Ini
Berdasarkan pada informasi yang dikutip SpesialTips! dari prevention.com, mengungkapkan hasil penelitian para ilmuwan di Baylor College of Medicine, Houston, Amerika Serikat, yang membenarkan bahwa makanan yang kita konsumsi bisa memengaruhi terjadinya penuaan dini, khususnya pada kulit wajah. Disebutkan pula oleh ahli dermatologi Dr. Rajani Katta, bahwa zat tertentu di dalam makanan, seperti gula dapat mengubah protein dalam tubuh seseorang untuk membentuk advanced glycation end products (AGEs), yaitu hasil akhir dari rantai reaksi kimia ikatan glukosa kemolekul protein atau lemak tanpa melalui proses pengendalian enzim (glikasi), dimana hal tersebutlah yang menyebabkan terjadinya keriput pada kulit.

Masih dari sumber yang sama, diungkapkan pula bahwa penuaan dini, khususnya munculnya keriput pada kulit wajah dapat dicegah, yaitu dengan menghindari konsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Penasaran, jenis makanan apa saja yang perlu dihindari, guna mencegah penuaan dini tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Empat Jenis Makanan Yang Perlu Dihindari Untuk Mencegah Penuaan Dini


1. Makanan yang berasal dari olahan susu
Berdasarkan sebuah hasil penelitian di Swedia, mendapati bahwa dari hasil pengamatan terhadap para lansia yang gemar mengonsumsi makanan yang berasal dari olahan susu, seperti keju dan mentega, memiliki kerutan (keriput) lebih banyak, dibandingkan mereka yang membatasi jumlah makanan yang berasal dari olahan susu tersebut. Alasan mengapa produk olahan susu dapat menjadi penyebab penuaan dini karena kandungan laktosa-nya, dimana zat tersebut memengaruhi terjadinya advanced glycation end products (AGEs).

2. Daging yang diolah dengan cara dipanggang dan digoreng
Jenis makanan lainnya yang perlu dihindari untuk mencegah terjadinya penuaan dini adalah daging yang diolah dengan cara dipanggang atau pun digoreng. Hal ini dikarekan kandungan pada daging dengan cara pengolahan tersebut, justru meningkatkan akumulasi advanced glycation end products (AGEs), selain itu hindari juga mengonsumsi daging yang setengah masak.

3. Minuman bersoda
Anda sering mengonsumsi minuman bersoda? Bila ya, maka sebaiknya mulai kini disarankan bagi Anda untuk menghindari jenis minuman yang umumnya memiliki kandungan gula sangat tinggi tersebut. Pasalnya, tingginya kadar gula pada minuman bersoda dapat mengakibatkan semakin cepat pula proses glikasi, akibat dari peningkatan jumlah gula di dalam darah.

4. Makanan yang mengandung karbohidrat putih
Cegah pula penuaan dini dengan menghindari makanan dengan kandungan karbohidrat putih yang tinggi, seperti roti putih, nasi, gula dan mie. Hal ini dikarenakan jenis karbohidrat putih memiliki kandungan gula yang tinggi, dan tentu saja akan berpengaruh terhadap kandungan gula darah, dimana akan berdampak langsung pula pada peningkatan proses glikasi.

Demikianlah informasi tentang beberapa jenis makanan yang perlu dihindari, untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Semoga informasi tersebut, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat, bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top