Advertisement
Pengaruh Rasa Sedih Terhadap Kesehatan - Siapa yang tak pernah merasa sedih? Hampir dapat dipastikan, semua manusia di dunia ini pernah dihinggapi perasaan sedih. Bila ditanyakan, apakah penyebab rasa sedih yang dirasakan oleh seseorang, maka bisa jadi ada seribu alasan dapat menjadi latar belakangnya, tergantung dari kepekaan dan bagaimana orang tersebut mendefinisikan suatu keadaan yang dialaminya sebagai hal menyedihkan.
Pengaruh Rasa Sedih Terhadap Kesehatan
Pengaruh Rasa Sedih Terhadap Kesehatan
Lantas, benarkah rasa sedih dapat memengaruhi kesehatan seseorang? Berkaitan dengan pertanyaan tersebut, ternyata berdasarkan hasil rangkuman redaksi SpesialTips! dari beberapa sumber artikel ilmiah, terungkap fakta bahwa kesedihan alias rasa sedih yang dialami seseorang dapat berpengaruh terhadap kesehatan seseorang.

Salah satu bukti yang berhasil mengungkap pengaruh rasa sedih terhadap kesehatan adalah sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah Molecular Psychiatry, dimana disebutkan bahwa perasaan sedih yang membuat seseorang merasa tertekan tersebut mampu memicu bertambahnya tingkat senyawa kimia yang berhubungan dengan stres di dalam otak seseorang. Selanjutnya, senyawa kimia tersebut akan merangsang tubuh terhadap peningkatan protein inflamasi dalam darah, dan keadaan ini sangat berkaitan erat dengan kemunculan penyakit jantung, stroke, dan kombinasi dari beberapa masalah kesehatan yang dialami secara bersamaan atau dikenal juga dengan istilah sindrom metabolik.

Bukan itu saja, menguatkan pendapat bahwa rasa sedih dapat memengaruhi kesehatan juga di kemukakan oleh seorang psikolog kesehatan serta penulis buku Family Fit: Find Your Balance in Life, John E. Mayer. PhD, bahwa tekanan rasa sedih (kesedihan) yang dirasakan seseorang dapat meningkatkan rasa stres, dan bila keadaan ini terjadi secara berulang dapat berdampak pada munculnya gangguan kesehatan seperti sakit kepala, pegal pada persendian, sakit pada otot, serta menurunkan tingkat kekebalan tubuh.

Melihat dari penjelasan di atas, maka rasa sedih dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan seseorang, oleh sebab itu walaupun sulit dihindari saat menghadapi keadaan yang dianggap dapat menimbulkan kesedihan, rasa sedih sebaiknya tidak dibiarkan semakin berlarut.

Nah, demikianlah informasi singkat tentang fakta pengaruh rasa sedih terhadap kesehatan. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top