Advertisement
Makan Dengan Mata Tertutup, Terbukti Dapat Menjadi Cara Unik Atasi Masalah Berat Badan - Apakah Anda memiliki masalah dengan berat badan berlebih? Bila ya, maka mungkin informasi kali ini dapat menjadi salah satu alternatif cara, yang dapat dipertimbangkan untuk Anda coba guna mengatasi masalah tersebut.
Makan Dengan Mata Tertutup, Terbukti Dapat Menjadi Cara Unik Atasi Masalah Berat Badan
Terbukti Dapat Menjadi Cara Unik Atasi Masalah Berat Badan 
Dikutip dari The Telegraph dikabarkan bahwa berdasar hasil penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Konstanz, Jerman, mengungkapkan temuan unik terkait dengan upaya menurunkan berat badan dengan mudah, yaitu dengan cara makan dengan keadaan mata tertutup atau makan di tempat gelap.

Hasil penelitian yang juga telah dipublikasikan pada jurnal ilmiah Food Quality and Preference, memaparkan bahwa dengan mematikan lampu atau menggunakan penutup mata, saat makan ternyata dapat menjadi solusi untuk menurunkan berat badan, hal ini didasari dengan hasil uji coba dan serta perbandingan terhadap 90 peserta penelitian, dimana 50 orang diantaranya makan dengan mata tertutup (menggunakan penutup mata) dan 40 peserta lainnya makan tanpa penutup mata. Peserta penelitian yang diberitahukan sebelumnya untuk tidak makan dalam waktu 2 jam, dihidangkan tiga mangkuk berisi buah ceri, dimana setiap mangkuk memiliki jumlah berat buah ceri sebanyak 95 gram. Selanjutnya peserta penelitian tersebut diberikan waktu 15 menit untuk mulai makan buah ceri dalam ketiga mangkuk yang telah disediakan itu.

Hasilnya, pada kelompok peserta penelitian dengan mata tertutup didapati rata-rata memakan buah ceri sebanyak 105 gram, sementara kelompok peserta yang dapat melihat makanannya (tanpa penutup mata) makan lebih banyak ceri, dengan jumlah rata-rata sebanyak 116 gram. Uniknya, dari hasil jajak pendapat pada kelompok peserta dengan mata tertutup, menyebutkan bahwa mereka meyakini telah makan buah ceri sebanyak 197 gram.

Selain itu, pada penelitian tersebut juga meminta pendapat dari kedua kelompok peserta tersebut untuk menggambarkan rasa es krim yang dihidangkan, dimana hasilnya pada kelompok peserta dengan mata tertutup menilai es krim terasa kurang enak bila dibandingkan dengan pendapat kelompok peserta yang dapat melihat makanannya (tanpa penutup mata).

Para peneliti beranggapan bahwa fakta yang didapati karena kenikmatan saat makan akan berkurang secara signifikan saat makan dengan mata tertutup, dimana hal ini mengisyaratkan peran penting sisi visual pada persepsi seseorang saat menyantap makanan. Hal ini menguatkan hasil penelitian berbeda sebelumnya, yang juga menyatakan bahwa dampak visual memiliki peranan besar terhadap rasa makanan.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba cara unik menurunkan berat badan tersebut? Hanya saja sebagai catatan penting, mungkin sebaiknya Anda perlu sedikit berhati-hati dan teliti saat menggunakan cara menyantap makanan dengan mata tertutup guna menurunkan berat badan tersebut, pasalnya bila kurang berhati-hati, bisa saja terjadi keadaan yang tak diinginkan, yaitu dimana makanan yang ingin dimakan alih-alih masuk ke dalam mulut, tapi justru nyasar masuk ke hidung.

Demikian informasi yang dapat SpesialTips! bagian untuk sahabat pembaca sekalian kali ini, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top