Advertisement
Lima Fakta Unik Masalah Obesitas Yang Jarang Diketahui - Bukan hal baru lagi bila menyebut obesitas atau kegemukan sebagai salah satu masalah yang dapat menjadi pemicu munculnya berbagai macam penyakit, dari diabetes, penyakit kardiovaskular,  hingga ancaman penyakit kanker. Hal tersebut juga, yang membuat obesitas (kegemukan) termasuk salah satu pemegang peringkat tertinggi penyebab kematian di dunia.
Lima Fakta Unik Masalah Obesitas Yang Jarang Diketahui
Lima Fakta Unik Masalah Obesitas Yang Jarang Diketahui 
Nah, membahas tentang masalah obesitas (kegemukan), yang disebabkan oleh akumulasi timbunan lemak berlebih pada tubuh dan membahayakan kesehatan ini, ternyata terdapat beberapa fakta unik yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Dimana, diantaranya adalah tentang jumlah penderita obesitas (kegemukan) di Indonesia pada tahun 2013 lalu, yang ternyata sempat masuk dalam urutan sepuluh besar negara dengan jumlah penderita obesitas (kegemukan) di dunia, tidak main-main jumlahnya berdasarkan wikipedia.org, setara dengan jumlah penduduk di propinsi Jawa Barat, yaitu sekitar 40 juta jiwa, uniknya angka penderita obesitas (kegemukan) tersebut didominasi oleh wanita.


Lantas, fakta unik apa lagi yang tersimpan dibalik masalah obesitas (kegemukan) tersebut? Guna menambah pengetahuan sahabat SpesialTips! sekalian, maka berikut ini adalah informasi selengkapnya tentang lima fakta unik obesitas (kegemukan) yang jarang diketahui.

1. Penderita obesitas (kegemukan) cenderung memilih makan di luar
Berdasarkan informasi yang dikutip dari boldsky.com, 78 persen penderita obesitas memiliki kecenderungan untuk memilih makan di luar alias jajan, dibandingkan dengan memakan makanan yang dimasak sendiri.

2. Ayah yang menjalani diet dapat memengaruhi bayi
Masih berdasar sumber yang sama, disebutkan pula bahwa seorang ayah yang sedang menjalani diet dapat memberikan pengaruh terhadap kebiasaan makan dan kesehatan bayi. Nah, itu pula sebabnya ayah yang mengalami obesitas dapat pula berdampak negatif bagi kebiasaan makan dan kesehatan anaknya, dan lebih meningkatkan risiko anak untuk mengalami masalah obesitas serupa.

3. Waktu tidur berlebihan juga memicu obesitas
Ternyata kebiasaan waktu makan secara tidak teratur sebagai salah satu penyebab obesitas (kegemukan), dapat dipicu oleh kebiasaan kurang tidur. Apabila seseorang mengalami masalah kurang tidur dalam jangka waktu satu minggu, maka kemungkinan besar berat badannya akan bertambah pula hingga mencapai 1 kg.

4. Jumlah kematian akibat obesitas lebih tinggi dibanding jumlah kematian akibat kekurangan gizi
Fakta unik lainnya tentang obesitas, yang juga cukup miris disebutkan oleh catatan statistik organisasi kesehatan dunia WHO, dimana dari sejumlah kasus kematian akibat masalah obesitas, jumlahnya lebih tinggi bila dibandingkan dengan jumlah kematian akibat kekurangan gizi.

5. Perbandingan penderita obesitas di negara maju dan berkembang berdasarkan tingkat pendidikan
Di negara-negara maju, hanya orang-orang yang tidak berpendidikan mengalami obesitas (kegemukan) karena kurangnya kesadaran. Namun, uniknya di negara berkembang orang dengan latar pendidikan lebih baik justru menjadi penderita terbesar masalah obesitas.

Nah, demikianlah informasi tentang lima fakta unik masalah obesitas (kegemukan) yang jarang diketahui. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna dan bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. No 5 saya setuju banget...di Amerika atau sebagian besar Eropa, orang dengan kegemukan dianggap orang yang tidak berpendidikan dan orang yang tidak bisa mengurus diri sendiri, nah kalau di Indonesia justru sebaliknya....yang gemuk malah dibilang makmur..hahha...Ironi...

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top