Advertisement
Kenapa Ada Orang Yang Takut Gelap? Ini Dia Alasan Dan Cara Mengatasinya - Anak kecil takut gelap, mungkin itu hal yang lumrah, tapi bagaimana bila ternyata justru rasa takut gelap dialami oleh orang dewasa? Bagi beberapa orang, keadaan dimana kurang atau tak adanya cahaya tersebut bisa menjadi perkara serius dan dianggap sangat menakutkan. Bahkan tak jarang, saat gelap orang-orang tersebut akan merasakan kecemasan berlebihan, nah bila sudah begini pasti akan sangat merugikan dan mengganggu.
Kenapa Ada Orang Yang Takut Gelap? Ini Dia Alasan Dan Cara Mengatasinya
Kenapa Ada Orang Yang Takut Gelap?
Lalu, mengapa ada orang yang takut gelap? Menjawab pertanyaan tersebut, ternyata takut tempat gelap disebabkan oleh salah satu jenis fobia (phobia), yang disebut dengan Nyctophobia. Nah, guna memperjelas fobia aneh tersebut, maka berdasarkan informasi dikutip dari wikipedia.org,menyebutkan bahwa arti Nyctophobia adalah fobia ditandai oleh rasa takut atau kecemasan berlebihan terhadap gelap. Keadaan ini dapat di picu karena adanya gangguan persepsi yang terjadi pada otak seseorang, tentang apa yang akan atau bisa terjadi ketika berada pada keadaan atau lingkungan tanpa cahaya alias gelap, dimana rasa takut atau kekhawatiran yang muncul dapat dikarenakan pengalaman traumatik.

Sialnya, bukan hanya tak nyaman, berdasarkan beberapa hasil penelitian ternyata rasa takut berlebihan terhadap gelap dapat berdampak pula pada masalah tidur di malam hari. Mengutip informasi The Independent, berdasar asumsi dari hasil penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari  Ryerson University Sleep and Depression Lab, masalah sulit tidur di malam hari cenderung dialami oleh orang yang mengalami ketegangan akibat rasa cemas ketika lampu dipadamkan (dimatikan).

Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa takut terhadap gelap tersebut? Masih dari sumber yang sama, Profesor Colleen Carney, mengungkapkan sebuah cara sederhana untuk mengatasi masalah takut gelap itu, dengan pergi ke tempat gelap untuk mengetahui seberapa besar rasa takut atau kecemasan yang dialami atau dengan kata lain menghadapi rasa takut tersebut, dan selanjutnya hal yang perlu dilakukan adalah menunggu, bila tak ada hal buruk terjadi, seperti apa yang dibayangkan selama ini, maka rasa takut tersebut lama kelamaan akan mereda. 

Walaupun, bagi orang yang menghadapi tersebut, bisa jadi perkara yang tidak sederhana, tapi dengan melakukannya secara berulang-ulang maka rasa takut berlebihan terhadap gelap akan hilang dengan sendirinya. 

Nah, demikianlah informasi singkat yang dapat SpesialTips! bagikan tentang alasan mengapa ada orang yang takut gelap dan cara mengatasinya. Diharapkan, informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top