Advertisement
8 Cara Ampuh Menghemat Pemakaian Kuota Data Internet Di Android - Bagi para pengguna perangkat android, internet merupakan bagian yang tak terpisahkan lagi dan sangat penting guna memaksimalkan penggunaan fitur dalam perangkat android tersebut. Bahkan karena tingkat urgensinya, android tanpa internet diibaratkan seperti makan sayur tanpa garam, akan terasa hambar.
Cara Ampuh Menghemat Pemakaian Kuota Data Internet Di Android
Cara Ampuh Menghemat Pemakaian Kuota Data Internet Di Android
Membahas tentang hubungan android dan internet, maka hampir sebagian besar pengguna perangkat android mengeluhkan masalah serupa, yaitu banyaknya kuota data internet yang terpakai alias boros. Tak jarang, akibat keasyikan menggunakan aplikasi online, semisal aplikasi navigasi atau bahkan sekedar bermain game favorit, dapat membuat pemakaian kuota data internet menjadi boros dan cepat habis. Bahkan, terkadang tanpa disentuh pun perangkat android tetap mengonsumsi kuota data internet, bila fitur data connection pada android tetap dalam keadaan aktif.

Nah, menghadapi borosnya pemakaian kuota data internet pada perangkat android, maka pada kesempatan kali ini, redaksi SpesialTips! mencoba untuk berbagi informasi tentang beberapa cara ampuh untuk menghemat pemakaian kuota data internet di android. Apa manfaatnya? tentu saja dengan menghemat pemakaian kuota data internet, akan berbanding lurus dengan pengeluaran sahabat sekalian untuk membeli kuota paket data internet, agar semakin irit dan tak menguras isi dompet. Penasaran apa cara ampuh tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

8 Cara Ampuh Menghemat Pemakaian Kuota Data Internet Di Android


1. Kompresi halaman browser Chrome dengan menggunakan fitur Data Saver
Bagi sahabat pengguna android yang sering menggunakan Chrome sebagai browser untuk aktivitas browsing, dapat menghemat konsumsi kuota data internet hingga 30-35 persen saat browsing dengan melakukan kompresi halaman pada browser tersebut. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur Data Saver, yang memang disediakan oleh Chrome, untuk mengurangi pemakaian data internet  pada perangkat android penggunanya. Hal yang perlu dilakukan untuk mengaktifkan fitur Data Saver ini adalah dengan melakukan akses (tap) tanda untuk selanjutnya masuk ke pengaturan (settingbrowser, dimana sahabat sekalian hanya perlu mengubah tanda off menjadi on pada bagian fitur Data Saver.

2. Mengaktifkan kompresi video pada browser Opera
Opera merupakan salah satu browser yang sangat populer dan sering digunakan oleh para pengguna Android. Nah, bila sahabat SpesialTips! sekalian merupakan salah satu penggunanya, maka Anda dapat menghemat pemakaian kuota data internet dengan mengaktifkan fitur kompresi video pada Opera, dengan cara mengakses ke bagian setting > Data Savings lalu tandai fitur Video compression dengan centang.

3. Menggunakan browser sebagai alternatif mengakses Facebook
Salah satu penyebab konsumsi terbesar kuota data internet pada android adalah penggunaan aplikasi Facebook, bahkan aplikasi ini juga disebut-sebut membuat baterai smartphone cepat terkuras. Nah, menyiasati keadaan tersebut, maka tak ada salahnya untuk beralih menggunakan browser seperti Chrome atau Opera untuk mengakses akun Facebook milik Anda.

4. Gunakan aplikasi dan game offline
Hampir sebagian besar pemakaian kuota data internet pada android bersumber dari penggunaan aplikasi dan game online, dimana jenis tersebut membutuhkan akses internet secara terus menerus. Bila ingin menghemat pemakaian kuota data internet, maka disarankan bagi sahabat sekalian agar lebih memilih menggunakan aplikasi dan game offline.

5. Menonaktifkan fitur auto-update (pembaruan otomatis) aplikasi android
Disadari atau tidak, fitur auto-update aplikasi android adalah penyebab lain borosnya pemakaian data kuota internet. Bayangkan saja ditengah menipisnya kuota data, tiba-tiba secara otomatis pembaruan (update) aplikasi dilakukan oleh perangkat android Anda, wah pasti sangat menyebalkan. Nah, guna menghindari keadaan tersebut dan dapat menjadi salah satu cara penghematan kuota data internet, maka disarankan untuk menonaktifkan fitur auto-update (pembaruan otomatis) aplikasi android, caranya adalah dengan mengakses aplikasi Play Google, selanjutnya masuk pada bagian pengaturan (setting), lalu pilih bagian Auto-updates apps, selanjutnya Anda dapat menonaktifkan fitur tersebut dengan menandai pilihan Do not auto-update apps atau Auto-update apps over Wi-Fi only.

6. Menghindari streaming untuk mendengarkan musik
Konsumsi kuota data internet, akan semakin tak terkontrol saat kita melakukan streaming untuk sekedar mendengarkan musik, seperti melalui aplikasi streaming YouTube, dan Vine. Nah, disarankan bagi sahabat SpesialTips! yang ingin menghemat pemakaian kuota data internet pada perangkat android, untuk menghindari hal demikian, alternatif terbaik adalah dengan menyimpan beberapa file musik favorit pada perangkat android Anda, guna menghindari pemakaian kuota data internet berlebih.

7. Menonaktifkan fitur Location access
Mengapa fitur ini perlu diaktifkan guna menghemat kuota data internet? Alasannya karena, fitur ini berhubungan dengan beberapa aplikasi dan game yang berjalan secara online (menggunakan kuota data internet) dan membutuhkan informasi lokasi perangkat android melalui hubungan internet, misalnya saja aplikasi Google Maps, Facebook, Twitter, dan sejumlah aplikasi online lainnya. Cara menonaktifkan fitur ini adalah dengan mengakses pengaturan perangkat android (setting)> Location acces, selanjutnya hilangkan tanda centang pada pilihan Access to my location.

8. Menonaktifkan koneksi data (data connections) pada saat tertentu
Disarankan bagi sahabat SpesialTips! yang ingin menghemat kuota data internetnya, untuk menonaktifkan data koneksi pada perangkat android Anda, pada saat-saat tertentu. Misalnya saja, pada saat tidur malam dimana selain dapat menghemat kuota data internet, tidur Anda pun menjadi lebih tenang tanpa berbagai notifikasi yang muncul tiba-tiba. Walaupun cukup ekstrim, tapi cara ini sangat ampuh untuk menghemat kuota data internet.

Demikianlah, informasi singkat tentang beberapa cara ampuh untuk menghemat pemakaian kuota data internet di android. Semoga informasi tersebut, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Informasinya sangat membantu sekali mas, saya baru tahu tips dan menghemat pemakaian kuota internet makasih banyak atas postingannya dan salam kenal :)

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top