Advertisement
Penuhi 4 Kriteria Ini, Untuk Menjadi Sahabat Yang Baik  - Semua orang di dunia hampir pasti memiliki teman atau pun sahabat, bahkan sejak anak-anak hingga menjadi orang dewasa semua orang pernah terlibat hubungan pertemanan dengan orang lain. Akan tetapi, apakah teman dapat pula dikatakan sebagai sahabat? Umumnya, sebagian besar orang berpendapat bahwa sahabat memiliki arti yang berbeda dengan teman, dimana tingkatan sahabat diartikan sebagai sebuah hubungan pertemanan dengan ikatan yang lebih erat, bahkan dapat dikatakan memiliki nilai spesial alias istimewa.
Penuhi 4 Kriteria Ini, Untuk Menjadi Sahabat Yang Baik
4 Kriteria Sahabat yang Baik
Membahas tentang sahabat, kita pastinya berharap untuk mendapatkan sahabat yang baik. Namun, kriteria apa yang dapat menentukan bahwa seorang sahabat dapat dikatakan menjadi sahabat yang baik? Apa yang rajin mentraktir makan? Atau sering memberi hadiah? Atau mungkin orang yang selalu hadir untuk membantu saat kita berada dalam kesulitan? Nah, untuk mengetahui apakah kita atau teman kita merupakan sahabat yang baik, maka berdasarkan beberapa sumber informasi yang berhasil dirangkum oleh redaksi SpesialTips! berikut ini adalah 4 kriteria yang perlu untuk diketahui dan dapat dijadikan sebagai petunjuk, untuk menentukan siapa sebenarnya orang yang termasuk sahabat yang baik.

1. Kejujuran
Salah satu kriteria penting yang wajib dimiliki oleh seorang sahabat yang baik adalah kejujuran, karena tanpa kejujuran dalam sebuah hubungan, khususnya dalam sebuah hubungan persahabatan akan berpengaruh langsung terhadap rasa percaya antara satu sama lainnya, dan tentu saja berdampak pula pada kelanggengan persahabatan. Selain itu, apa iya kita mau memiliki seseorang sahabat dengan sifat tak jujur alias pembohong? Tentu tidak bukan?

2. Kepedulian
Mengapa sahabat yang baik harus memiliki kepedulian? Alasannya sederhana, tanpa rasa peduli bagaimana mungkin sebuah hubungan persahabatan dapat terjalin? Selain itu kepedulian, akan membuat seorang selalu berusaha untuk membantu sahabatnya dalam keadaan apapun, bahkan di keadaan tersulit sahabatnya, dimana hal ini dapat menumbuhkan keterkaitan batin dan tentunya hubungan yang lebih harmonis dalam persahabatan.

3. Ketulusan
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ketulusan diartikan sebagai kesungguhan dan kebersihan hati. Nah, berdasarkan arti kata tersebut maka dapat dikatakan ketulusan merupakan landasan penting terjalinnya sebuah hubungan yang baik. Siapa sih yang mau memiliki sahabat karena dilandasi rasa pamrih? Atau karena ada maunya? Oleh sebab itu, sahabat yang baik dapat pula dikatakan sebagai sahabat yang memiliki ketulusan, dan dapat membuat jalinan persahabatan tersebut menjadi lebih awet.

4. Memotivasi untuk kebaikan
Tak ada predikat sahabat yang baik, bila ia tak bisa memberi motivasi bagi sahabatnya dalam hal kebaikan. Tak sedikit orang yang terjerumus dalam tindakan salah, seperti melakukan kejahatan dikarenakan dorongan dari orang yang dianggap sahabatnya, dan akhirnya berujung pada kerugian bagi dirinya. Oleh sebab itu seorang sahabat, dapat dikatakan sahabat yang baik bila ia dapat menjadi orang yang memotivasi sahabatnya dalam hal kebaikan. Bukankah memotivasi sahabat dalam melakukan kebaikan dapat membuahkan kebaikan pula?


Nah, demikianlah informasi tentang empat kriteria untuk menjadi sahabat yang baik. Semoga saja, informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat, bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top