Advertisement
Terbukti, Inilah Manfaat Menjaga Silaturahmi Bagi Kesehatan - Pernahkah Anda mendengar ungkapan bahwa menjalin dan menjaga hubungan sosial atau dalam istilah lainnya menjaga silaturahmi dapat bermanfaat terhadap kesehatan seseorang? Bahkan dikatakan pula menjaga silaturahmi dapat memperpanjang umur. Lantas, bagaimana menurut pendapat Anda? Bagi beberapa orang, mungkin merasa pendapat tersebut tidak beralasan, bahkan tak ada kaitannya sama sekali antara silaturahmi dengan umur, apalagi dengan kesehatan seseorang.
Manfaat Menjaga Silaturahmi Bagi Kesehatan
Manfaat Menjaga Silaturahmi Bagi Kesehatan
Umumnya, orang yang tidak setuju dengan ungkapan tersebut, memiliki anggapan bahwa dengan melakukan olahraga dan menerapkan pola makan sehat merupakan satu-satunya alasan yang masuk akal untuk menjaga kesehatan. Namun, bagaimana bila orang tersebut tidak memiliki teman? Atau merasa kesepian, akibat hubungan silaturahmi (keterhubungan sosial) yang tidak terjaga? Ternyata, dari hasil beberapa studi ilmiah hal tersebut dapat memengaruhi secara signifikan kesehatan seseorang.

Bukan tanpa bukti, karena berdasarkan informasi yang dikutip dari livescience.com, disebutkan beberapa hasil penelitian yang membuktikan bahwa akibat kurangnya hubungan sosial, diantaranya menyebutkan dari temuan ilmuwan dari hasil pengamatan terhadap lansia dengan kisaran usia 51 hingga 91 tahun yang terisolasi dari hubungan sosial, berpotensi dua kali lipat untuk mengalami gangguan tekanan darah tinggi, bahkan peningkatan risiko tersebut, lebih tinggi dibanding dengan lansia yang mengalami gangguan diabetes tapi tidak memiliki masalah dengan hubungan sosialnya. Bukan sekedar lansia, ditemukan pula pada remaja dengan usia antara 12 hingga 18 tahun yang terisolasi dari hubungan sosialnya, memiliki 27 persen peningkatan risiko mengalami inflamasi (peradangan), bila dibandingkan dengan remaja tanpa masalah hubungan sosial.

Bukan hanya itu saja, pada studi lainnya yang dilakukan oleh ilmuwan di Brigham Young University dari hasil analisis terhadap beberapa penelitian yang mengkaji dampak hubungan sosial pada kesehatan, ternyata didapati bahwa dengan memiliki hubungan sosial yang baik seperti dengan teman, pernikahan atau anak, memiliki manfaat yang sama baiknya dengan menjaga kesehatan seperti halnya berhenti merokok, menurunkan berat badan, bahkan minum obat. Selain itu, disimpulkan pula dengan hubungan sosial yang kuat akan memberikan manfaat panjang umur bagi seseorang, bahkan diperkirakan hingga mencapai 50 persen, bila dibandingkan mereka yang tidak memiliki hubungan sosial serupa.

Berkaca dari beberapa pembuktian di atas, dapat ditemukan benang merah antara menjaga silaturahmi (hubungan sosial) dengan kesehatan seseorang, dan tentunya berkaitan erat pula dengan kemungkinan memperpanjang umur orang tersebut. Oleh sebab itu, tak dapat disangkal lagi bahwa menjaga silaturahmi benar-benar dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Nah, Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini. Diharapkan informasi tersebut, dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top