Advertisement
Catat! Inilah Daftar Agenda Wisata Di Indonesia Selama Setahun Penuh - Apakah Anda termasuk "penggila" traveling dan gemar berburu pemandangan eksotis serta budaya unik nan menghibur? Bila ya, maka Anda tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan sensasi uniknya keindahan alam dan keragaman budaya, karena Indonesia sendiri justru terkenal di dunia sebagai surganya wisata alam dan budaya.
Daftar Agenda Wisata Di Indonesia Selama Setahun Penuh
 Agenda Wisata Di Indonesia Selama Setahun Penuh
Ya, dengan kelebihan yang dimiliki oleh di Indonesia, menjadikan negara ini menjadi tujuan wisata favorit dunia untuk urusan keindahan alam dan keragaman budayanya. Nah, Berhubungan dengan kelebihan tersebut, maka terdapat fakta bahwa dalam setahun penuh, ternyata Indonesia memiliki agenda wisata tetap, di berbagai daerah yang berbeda. Bayangkan saja, selama setahun penuh pula Anda dapat memuaskan hobi jalan-jalan untuk menikmati suguhan wisata alam dan budaya, ditambah lagi dengan biaya yang lebih murah jika dibandingkan berwisata ke luar negeri. Wah, sangat menggoda bukan?

Lantas, apa saja agenda wisata tersebut? Tenang saja, karena redaksi SpesialTips! telah menyiapkan daftar agenda wisata yang ada di Indonesia selama setahun penuh, untuk melengkapi daftar tujuan wisata sahabat sekalian.

» Agenda wisata bulan Januari : Festival Budaya Asmat di Asmat di Kabupaten Asmat (Papua),  yaitu Sebuah pagelaran ekspresi seni dan budaya suku Asmat yang rutin dilaksanakan sejak tahun 1981, festival ini menyajikan seni kerajinan ukir dan memahat, dimana dalam pengerjaannya para perajin tak membuat sketsa atau pola terlebih dahulu. Selain seni patung tersebut, Festival Asmat juga menampilkan berbagai atraksi kesenian seperti tari-tarian, dan pertunjukan seni asli suku Asmat lainnya.

» Agenda wisata bulan Februari: Perayaan Cap Go Meh yaitu perayaan tahunan yang diadakan berdasarkan penanggalan Tiongkok, yang bertujuan mengusir kesialan dan roh jahat di kota Singkawang (Kalimantan Barat). Terdapat pula festival Bau Nyale di Pulau Lombok dimana biasanya diadakan pada bulan Februari atau Maret.

» Agenda wisata bulan Maret: Festival Timba Laor di Ambon (Maluku) dan Bau Nyale di Pulau Lombok, merupakan festival tahunan berburu cacing laut.

» Agenda wisata bulan April: Festival Tidore di Maluku Utara, adalah perayaan tahunan menyambut hari ulang tahun kota Tidore, dimana dalam festival tersebut juga disajikan ritual Lufu Kie, yaitu sebuah ritual adat untuk mengenang Lufu Kie, armada perang yang berhasil mengusir VOC dari Tidore.

» Agenda wisata bulan Mei: Festival Teluk Jailolo,Maluku Utara), dimana festival ini menampilkan beberapa acara menarik seperti fun diving, lomba seni budaya, ritual laut, dan juga Cabaret on The Sea.

» Agenda wisata bulan Juni: Festival Danau Sentani (Papua), sesuai namanya festival ini dilakukan di sekitar Danau Sentani, Kabupaten Jayapura. Anda akan disuguhi perpaduan keindahan alam dan budaya asli wilayah Tabi, yang didiami oleh 16 subsuku, dimana akan dapat disaksikan pula sajian tarian adat dan pameran seni suku di Sentani.

» Agenda wisata bulan Juli: Upacara Yadnya Kasada atau Kasodo di Bromo (Jawa Timur). Upacara ini adalah sebuah ritual keagamaan suku Tengger, yaitu sebuah upacara memberikan sesajen kepada para leluhur mereka, sesuai dengan kalender tradisional Hindu Tengger.

» Agenda wisata bulan Agustus: Festival Lembah Baliem (Papua), merupakan salah satu festival di Papua yang banyak menarik pengunjung dari mancanegara sejak tahun 1989, dimana festival ini menyuguhkan pertunjukan yang sangat unik, berupa atraksi perang suku oleh ketiga suku asli Lembah Baliem.

» Agenda wisata bulan September: Gebyar Pesona Lumbok Ranau (Kabupaten Lampung Barat). Merupakan acara tahunan yang menampilkan perlombaan bernuansa wisata tirta seperti kebut jukung, triatlon tradisional, memanah ikan, memancing di danau. Selain itu ditampilkan beberapa atraksi kesenian

» Agenda wisata bulan Oktober: Perlombaan  Final Karapan Sapi di Pamekasan (Madura). Beberapa kota di Madura menyelenggarakan karapan sapi pada bulan Agustus dan September setiap tahun, dengan pertandingan final pada akhir September atau Oktober di eks Kota Karesidenan, Pamekasan untuk memperebutkan Piala Bergilir.

» Agenda wisata bulan November: Banda Aceh Coffee Festival (Aceh). Ajang yang telah digelar sejak 2011 ini, merupakan pagelaran unik ajang berkumpulnya para peracik, pengusaha, petani, peneliti, dan penikmat kopi Aceh. Nah, Bila Anda termasuk pecinta kopi dan suka jalan-jalan, maka agenda wisata di Aceh ini wajib untuk dikunjungi.

» Agenda wisata bulan Desember: Festival Kora-kora di Ternate (Maluku Utara) Festival Kora-kora ini rutin diadakan setiap pertengahan Desember memperingati hari jadi kota Ternate, dimana festival tersebut diisi dengan kegiatan bahari atau kegiatan yang berhubungan dengan kelautan.

Nah, demikianlah informasi tentang beberapa daftar agenda wisata yang dapat Anda kunjungi selama setahun penuh. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat, bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top